Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Perjalanan Bisnis ke Korea Selatan Berlaku Mulai 17 Agustus

Dengan adanya perjanjian ini berarti Indonesia dan Korea Selatan memberikan akses masuk kepada kalangan pebisnis, diplomat, dan dinas tanpa harus melakukan karantina selama 14 hari.
Nindya Aldila
Nindya Aldila - Bisnis.com 13 Agustus 2020  |  14:39 WIB
Menlu Retno Marsudi saat memberikan keterangan kepada wartawan terkait larangan sementara berkunjung ke Arab Saudi - Bisnis/Muhammad Khadafi
Menlu Retno Marsudi saat memberikan keterangan kepada wartawan terkait larangan sementara berkunjung ke Arab Saudi - Bisnis/Muhammad Khadafi

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Luar Negeri secara resmi mengumumkan perjanjian travel corridor untuk keperluan bisnis dengan Korea Selatan.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan kesepakatan ini diteken setelah melakukan perbincangan final dengan Menlu Korea Selatan Kang Kyung-wha semalam, Rabu (12/8/2020).

"Hari ini saya umumkan, essential business travel corridor arrangement dengan Korsel telah disepakati dan akan berlaku mulai Senin 17 Agustus 2020, bertepatan dengan peringatan kemerdekaan Indonesia ke-75.

Dengan adanya perjanjian ini berarti kedua negara memberikan akses masuk kepada kalangan pebisnis, diplomat, dan dinas tanpa harus melakukan karantina selama 14 hari. Retno juga menegaskan bahwa travel corridor ini tidak berlaku bagi wisatawan.

Kesepakatan ini merupakan yang kedua setelah kesepakatan serupanbersama Uni Emirat Arab pada 29 Juli 2020.

Pembahasan ini dilakukan secara detail dan cukup lama. Hal ini dilakukan untuk memastikan pengaturan ini senantiasa mengedepankan protokol kesehatan yang ketat.

Dengan adanya persetujuan ini, diharapkan dapat memfasilitasi keberlangsungan sektor wisata dan bisnis esensial terutama untuk kepentingan investasi agar kegiatan ekonomi dapat tetap berjalan tanpa mengorbankan protokol kesehatan.

Ke depannya, kedua negara akan menjajaki pengakuan sistem testing Covid-19 antar kedua negara. Hal yang sama juga tengah diupayakan dengan UEA.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

korea selatan korea selatan kementerian luar negeri
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top