Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ini Dia Peran TNI dalam Penanganan Covid-19

Subbid Pam dan Gakkum Satgas Penanganan Covid-19 Aloysius Agung mengatakan banyak yang menanyakan peran TNI dalam penanganan Covid-19.
Mutiara Nabila
Mutiara Nabila - Bisnis.com 13 Agustus 2020  |  13:33 WIB
Sejumlah prajurit TNI mengikuti gelar personel dan perlengkapan Satuan Tugas (Satgas) TNI Kontingen Garuda (Konga) dan staf militer Unifil di lapangan Canti Dharma, Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian Tentara Nasional Indonesia (PMPP TNI), Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (12/12/2019). ANTARA FOTO/Arif Firmansyah - pras.
Sejumlah prajurit TNI mengikuti gelar personel dan perlengkapan Satuan Tugas (Satgas) TNI Kontingen Garuda (Konga) dan staf militer Unifil di lapangan Canti Dharma, Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian Tentara Nasional Indonesia (PMPP TNI), Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (12/12/2019). ANTARA FOTO/Arif Firmansyah - pras.

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden baru-baru ini meneken Instruksi Presiden No. 6 Tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Covid-19. Di dalamnya, TNI juga ditunjuk menjadi salah satu yang mendukung penanganan Covid-19, lalu apa saja perannya?

Subbid Pam dan Gakkum Satgas Penanganan Covid-19 Aloysius Agung mengatakan banyak yang menanyakan peran TNI dalam penanganan Covid-19. Dia menjelaskan bahwa TNI sudah terlibat jauh sebelum Covid-19 diputuskan jadi pandemi.

“Kami sudah melakukan penjemputan WNI dari Wuhan, menyiapkan karantina di Pulau Galang. Saat presiden menyatakan ini jadi pandemi, kami juga membantu membentuk gugus tugas yang diisi juga oleh Pemda, Kementerian, dan berbagai stakeholder lainnya,” jelasnya, Kamis (13/8/2020).

Pada 4 Agustus 2020, Presiden kemudian menilai perlu melakukan upaya pendisiplinan protokol kesehatan sehingga menekek Inpres Nomor 6 Tahun 2020 tersebut.

Dalam intruksi tersebut, Aloy menjelaskan TNI berperan mendukung dan memberikan perbantuan kepada Pemda dan Polri.

“Kami bersinergi di lapangan, kami merupakan kelanjutan pentahelix pada gugus tugas. Dengan kami hadir bersama instansi yang lain, kami menunjukkan keseriusan untuk menangani pandemi ini, ikut turun mengedukasi masyarakat. TNI tidak melibatkan unsur untuk bertempur dan menurunkan alutsista,” ungkapnya.

Selain itu, dalam rangka penegakkan aturan wajib pakai masker, peran TNI juga bukan dalam hal penegakkan hukum. TNI dilibatkan dalam pendisiplinan protokol kesehatan tergantung dengan konsep operasi di tiap pemda.

“Konsep operasi ini berbeda-beda, tergantung kearifan lokal masing-masing daerah. Panglima TNI juga sudah bicara dengan Bintara Pembina Desa [Babinsa] dan Bintara pembinanaan dan keamanan ketertiban masyarakat [Babinkamtibmas untuk menilai apa kearifan lokal yang ada di daerah,” lanjutnya.

Selanjutnya, Babinsa dan Babinkamtibmas ini diminta untuk mengedukasi dan sosialisasi untuk memberikan kesadaran kepada masyakarat untuk melakukan 3M sebagai bentuk adaptasi kebiasaan baru.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tni covid-19
Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top