Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Hari Ini, Jokowi Akan Tinjau Uji Coba Perdana Vaksin Covid-19 di Bandung

Uji klinis vaksin Covid-19 akan dilakukan di Rumah Sakit Pendidikan (RSP) Universitas Padjajaran, Jalan Eyckman, Kota Bandung, Jawa Barat.
Fitri Sartina Dewi
Fitri Sartina Dewi - Bisnis.com 11 Agustus 2020  |  07:12 WIB
Presiden Joko Widodo. - www.covid19.go.id
Presiden Joko Widodo. - www.covid19.go.id

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo akan melakukan kunjungan ke Bandung, Jawa Barat pada hari ini, Selasa (11/8/2020) untuk menyaksikan secara langsung hari pertama uji klinis kandidat vaksin Covid-19 yang merupakan hasil kerja sama Sinovac dengan Universitas Padjajaran (Unpad) dan Bio Farma kepada para relawan.

Dalam kunjungan tersebut, rencananya Presiden Jokowi akan didampingi oleh Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Erick Thohir, Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo dan Ketua Satgas Pemulihan Ekonomi Nasional Budi Gunadi Sadikin.

Sementara itu, dikutip dari Antara, Senin (10/8/2020), Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menyatakan bahwa Presiden Jokowi direncanakan meninjau langsung hari pertama proses uji klinis calon vaksin Covid-19 di Kota Bandung pada Selasa (11/8/2020).

Uji klinis vaksin tersebut itu akan dilakukan di Rumah Sakit Pendidikan (RSP) Universitas Padjajaran, Jalan Eyckman, Kota Bandung, Jawa Barat.

Terawan mengatakan penyuntikan vaksin kepada relawan harus sesuai dengan protokol kesehatan. Oleh sebab itu, dia meninjau secara langsung persiapan uji klinis vaksin itu sebelum kedatangan Presiden Jokowi.

“Yang terpenting, proses uji vaksin perdana besok harus sesuai protokol kesehatan, mengingat besok akan ada Presiden yang langsung meninjau,” kata Terawan di RSP Unpad Jalan Eyckman Kota Bandung, Senin (10/8/2020).

Lebih lanjut, Terawan menjelaskan bahwa sejauh ini 21 orang relawan sudah dilakukan tes usap sebagai syarat sebelum dilakukan penyuntikan vaksin asal Tiongkok itu. Apabila, semuanya dinyatakan negatif Covid-19 dan sudah sesuai dengan syarat, maka bisa dilakukan penyuntikan kepada relawan tersebut

Sebelum penyuntikan, ruang uji vaksin yang berada di lantai dua RSP Unpad itu sudah dilakukan sterilisasi sesuai dengan prosedur.

Selain kunjungan ke RSP Unpad untuk meninjau proses vaksinasi, Presiden Jokowi juga direncanakan menyambangi PT Bio Farma sebagai produsen vaksin yang berada di Jalan Pasteur, Kota Bandung.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi vaksin Virus Corona covid-19
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top