Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Polda Metro Jaya Panggil Musisi Anji dan Hadi Pranoto Pekan Ini

Tim penyidik Polda Metro Jaya telah menindaklanjuti laporan yang dilayangkan Ketua Umum Cyber Indonesia, Muannas Alaidid dengan terlapor Anji dan Hadi Pranoto.
Sholahuddin Al Ayyubi
Sholahuddin Al Ayyubi - Bisnis.com 04 Agustus 2020  |  18:03 WIB
Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisarsi Besar Polisi Yusri Yunus. - Antara
Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisarsi Besar Polisi Yusri Yunus. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Polda Metro Jaya akan melakukan pemeriksaan terhadap musisi Erdian Aji Prihartanto alias Anji dan Hadi Pranoto pada pekan ini terkait kasus dugaan tindak pidana penyebaran informasi palsu atau hoaks melalui layanan over the top (OTT) Youtube.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus mengemukakan bahwa tim penyidik telah menindaklanjuti laporan yang dilayangkan Ketua Umum Cyber Indonesia, Muannas Alaidid dengan terlapor Anji dan Hadi Pranoto.

"Laporannya sedang diteliti, mungkin dalam waktu dekat ini (dipanggil)," kata Yursi, Selasa (4/8/2020).

Menurut Yusri tim penyidik akan memeriksa pihak pelapor dan terlapor, kemudian para saksi serta saksi ahli dalam kasus tindak pidana penyebaran informasi palsu atau hoaks yang diduga dilakukan oleh Anji dan Hadi Pranoto.

"Nanti akan kami panggil semuanya," ungkapnya.

Sebelumnya, musisi Erdian Aji Prohartanto alias Anji dilaporkan Ketua Umum Cyber Indonesia, Muannas Alaidid ke Polda Metro Jaya pada Senin 3 Agustus 2020. 

Selain Anji, Hadi Pranoto yang mengaku sebagai pakar mikrobiologi yang diwawancara Anji melalui kanal Youtubenya @duniamanji juga dipolisikan.

Laporan tersebut diterima dengan nomor laporan: LP/4538/VIII/YAN.2.5/2020/SPKT PMJ dengan pelapor atas nama Muannas sendiri.

Seperti diberitakan sebelumnya, sosok Hadi Pranoto ini menjadi sorotan publik usai tampil dalam kanal YouTube milik musisi, Anji. Pria yang mengklaim dirinya sebagai profesor dan pakar mikrobiologi itu menyebut telah menemukan produk herbal yang diklaim sebagai obat penyembuh dan pencegah virus Corona atau Covid-19.

Sementara itu, Youtube telah menghapus video kontroversial yang diunggah akun Dunia Manji tentang profesor penemu obat Covid-19. Video berjudul Bisa Kembali Normal, Obat Covid-19 Ditemukan!! (Part 1) sudah tidak dapat diakses pada 2 Agustus 2020 malam. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

polda metro jaya hoax Obat Covid-19
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

BisnisRegional

To top