Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kodak Melonjak Tajam setelah Trump Umumkan Kesepakatan Produksi Obat Covid-19

saham Kodak naik lebih dari tiga kali lipat selama perdagangan reguler setelah pemerintah AS memberikan pinjaman US$765 juta kepada perusahaan untuk mulai memproduksi bahan-bahan obat di bawah Undang-Undang Produksi Pertahanan.
Hadijah Alaydrus
Hadijah Alaydrus - Bisnis.com 29 Juli 2020  |  12:05 WIB
 Presiden AS Donald Trump berbicara selama acara di Fincantieri Marinette Marine di Wisconsin, Amerika Serikat pada Kamis (25/6/2020). (Thomas Werner - Bloomberg)\n
Presiden AS Donald Trump berbicara selama acara di Fincantieri Marinette Marine di Wisconsin, Amerika Serikat pada Kamis (25/6/2020). (Thomas Werner - Bloomberg)\\n

Bisnis.com, JAKARTA - Eastman Kodak melonjak pada perdagangan hari Selasa (28/7/2020) setelah Presiden Donald Trump mengumumkan kesepakatan untuk bekerja sama merintis memproduksi bahan-bahan obat generik sebagai respons terhadap pandemi virus Covid-19.

Saham Kodak melonjak lebih dari 60 persen dalam perpanjangan perdagangan kemarin. Sementara itu, saham perusahaan naik lebih dari tiga kali lipat selama perdagangan reguler setelah pemerintah AS memberikan pinjaman US$765 juta kepada perusahaan untuk mulai memproduksi bahan-bahan obat di bawah Undang-Undang Produksi Pertahanan.

"Undang-Undang Produksi Pertahanan akan memobilisasi Kodak untuk membuat bahan-bahan farmasi aktif generik," kata Trump dalam konferensi pers Selasa malam (29/7/2020).

"Kami akan mengembalikan pekerjaan kami dan kami akan menjadikan Amerika produsen dan pemasok medis utama dunia."

Kodak mengatakan pada hari Selasa bahwa pihaknya akan memproduksi komponen farmasi yang telah diidentifikasi sebagai komponen penting. Food and Drug Administration mengungkapkan komponen obat ini diperlukan karena stok nasionalnya mengalami penurunan.

Dikutip dari CNBC, lonjakan harga saham mendorong nilai pasar Kodak menjadi US$347 juta pada penutupan Selasa. Sebelum perdagangan Selasa, Kodak memiliki nilai pasar sekitar US$115 juta.

Perusahaan mengatakan akan memperluas fasilitas pabrik yang berlokasi di Rochester, New York dan St. Paul, Minnesota, yang kini dikelola di bawah unit bisnis barunya, Kodak Pharmaceuticals.

"Kodak bangga menjadi bagian dari memperkuat kemandirian Amerika dalam memproduksi bahan-bahan farmasi utama yang kita butuhkan untuk menjaga warga kita tetap aman," kata CEO Kodak Jim Continenza dalam sebuah pernyataan resmi.

Dengan memanfaatkan infrastruktur perusahaan, keahlian yang mendalam dalam pembuatan bahan kimia, dan warisan inovasi dan kualitas, menurutnya, Kodak akan memainkan peran penting dalam mengembalikan rantai pasokan farmasi Amerika yang andal.

Kodak sempat mengajukan pailit pada 2012 karena tren kamera digital menghancurkan bisnis perusahaan. Peralihan bisnis ke produksi obat menandai peluang baru bagi perusahaan yang sempat berjaya di bisnis fotografi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

eastman kodak co. Donald Trump covid-19
Editor : Hadijah Alaydrus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top