Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Survei Indikator : Ini Perbandingan Kepercayaan Publik ke Jokowi dan Menkes Terawan

Survei IPI dilakukan melalui wawancara telepon dengan 1.200 responden se-Indonesia yang memiliki hak pilih dalam pemilihan umum dan dipilih secara acak.
Samdysara Saragih
Samdysara Saragih - Bisnis.com 21 Juli 2020  |  14:55 WIB
Presiden Joko Widodo (kiri) dan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (2/3 - 2020). Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo (kiri) dan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (2/3 - 2020). Biro Pers Sekretariat Presiden

Bisnis.com, JAKARTA — Kepuasan masyarakat terhadap kinerja Presiden Joko Widodo dalam merespons pandemi virus corona atau Covid-19 lebih tinggi ketimbang Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto.

Indikator Politik Indonesia (IPI) menemukan bahwa sebanyak 60,9% masyarakat percaya dengan Presiden Jokowi. Ketika ditanya soal yang sama, Menkes Terawan hanya mendapatkan 38,9% kepercayaan publik.

Survei IPI dilakukan melalui wawancara telepon dengan 1.200 responden se-Indonesia yang memiliki hak pilih dalam pemilihan umum dan dipilih secara acak. Marjin kesalahan rata-rata dari survei sebesar +/- 2,9% pada tingkat kepercayaan 95%.

IPI mengumpulkan jajak pendapat pada 13—16 Juli 2020. Dibandingkan dengan survei Mei 2020, kepercayaan kepada Jokowi dan Terawan sama-sama menurun. Jokowi mendapatkan kepercayaan 67,7% pada Mei, sedangkan Terawan 58,0%.

“Kepercayaan terhadap Jokowi masih tinggi ketimbang Terawan,” kata Direktur Eksekutif IPI Burhanuddin Muhtadi saat merilis hasil survei secara daring, Selasa (21/7/2020).

Sementara itu, Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 yang dikomandoi Letjen TNI Doni Monardo tetap populer di tengah masyarakat. Kinerja Gugus Tugas memuaskan 62,4% publik, turun sedikit dari 63,7% pada Mei.

Dalam mengelola pemerintahan secara umum, kinerja Presiden Jokowi berada di kisaran 66,5%-65,1% selama Mei-Juli. Ketidakpuasan naik sedikit dari 29,7% pada Mei, menjadi 31,1% pada Juli.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi Virus Corona dokter terawan covid-19
Editor : Stefanus Arief Setiaji
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top