Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bantu Masyakarat Adaptasi New Normal, Trenggalek Bikin Aplikasi untuk Pedagang

Bupati Trenggalek Moch Nur Arifin mengatakan, meskipun dihadapkan dengan pandemi, transaksi harus tetap berjalan. Pemerintah Daerah harus bisa melihat peluang mana yang saling membutuhkan.
Mutiara Nabila
Mutiara Nabila - Bisnis.com 14 Juli 2020  |  12:35 WIB
Loading the player ...
Praktik Baik Dalam Pencegahan dan Penanganan COVID/19 di Kabupaten Trenggalek

Bisnis.com, JAKARTA – Trenggalek menjadi salah satu pemenang lomba inovasi daerah terkait dengan adaptasi kebiasaan baru yang digelar Kementerian Dalam Negari (Kemendagri). Salah satu inovasinya adalah membuat aplikasi bagi para pedagang di pasar.

Bupati Trenggalek Moch Nur Arifin mengatakan, meskipun dihadapkan dengan pandemi, transaksi harus tetap berjalan. Pemerintah Daerah harus bisa melihat peluang mana yang saling membutuhkan.

“Kami bekerja sama dengan bank yang butuh nasabah, untuk melakukan CSR dan bikin aplikasi yang mengumpulkan semua pedagang dalam satu lapak online. Ojek lokal juga dibikinkan aplikasi lokal supaya bisa antar jemput belanjaan itu,” jelasnya, Selasa (14/7/2020).

Dengan gerakan tersebut, ketika aplikasi ojek daring di kota besar seperti Jakarta sedang lesu, aplikasi ojek daring di Trenggalek mengalami kenaikan pengunduhan sebanyak enam kali lipat dan pendapatan naik tiga kali lipat.

“Kuncinya menemukan kepentingan stakeholder,” kata dia.

Plt Dirjen Bina Adminstrasi Kewilayahan Mendagri Safrizal menjelaskan, lomba tersebut adalah prakondisi, dalam rangka memberikan edukasi bagaimana hidup di zaman pandemi. Tindak lanjutnya agar pemda mentransformasi dan mengedukasi video yang sudah dibuat ke masyakarat.

“Ini baru video prakondisi, belum lomba penerapannya. Tujuan utama tetap edukasi, harapannya dengan edukasi yang semakin baik, rakyat memperoleh pengetahuan yang lebih baik,” katanya.

Ke depan, Kemendagri akan membuat lomba lanjutan terkait penerapannya. Lomba tersebut harapannya bisa dilakukan pada September dan Oktober.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kemendagri trenggalek New Normal
Editor : Mutiara Nabila

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top