Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KKP Rilis Film Dokumenter ‘Akulah Samudera’

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) bakal merilis film dokumenter 'Akulah Samudera' sebagai bentuk kepedulian terhadap ekosistem pesisir.
Ilustrasi Film I am the Ocean./Antara
Ilustrasi Film I am the Ocean./Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) berencana merilis film dokumenter 'Akulah Samudera' atau I am the Ocean yang akan tayang di acara Indonesia-Canada Congress.

Direktur Jenderal Pengelolaan Ruang Laut KKP Aryo Hanggono menyatakan film dokumenter ‘Akulah Samudera’ bakal dijadwalkan tayang di acara Indonesia Canada Congress saat perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2020 di Ottawa, Kanada.

"Berbicara masalah pesisir dan laut, mau tidak mau akan mengulas potensi sumberdaya, masyarakat, dan permasalahan yang ada di dalamnya," kata Aryo, dikutip dari Antara, Senin (13/7/2020).

Aryo mengingatkan film ini sebetulnya mengingatkan bahwa luas lautan menguasai hampir dua pertiga wilayah Indonesia sehingga potensi sumberdaya kelautan dan perikanan serta ekosistem domestik sangat berlimpah.

Ia mengungkapkan, film pendek ini sengaja dibuat dalam versi drama dokumenter dengan mengusung pesan utamanya mengenai pentingnya ekosistem pesisir dan laut bagi masyarakat.

"Di sisi lain, pengelolaan sumberdaya pesisir belum memberikan manfaat yang berarti untuk kesejahteraan masyarakat sekitarnya, sementara keberadaannya semakin rentan. Kerentanan inilah yang diangkat dalam film cerita pendek berjudul Akulah Samudera," ujarnya.

Film Akulah Samudera bercerita tentang kisah Biru Maharani, mahasiswa Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Brawijaya. Film ini menjadi harapan bagi penggugah, pelestari, dan pelindung laut seperti birunya laut yang memberikan semangat hidup mengelola negeri ini.

Kondisi pesisir yang semakin menurun dan degradasi ekosistem menjadi awal dari cerita Sang Biru untuk mengetahui sejarah Desa Kaliwilingi di Kabupaten Brebes dengan hutan mangrove yang sudah menjadi kawasan Ekowisata Desa Wisata Mangrove Sari. Desa wisata ini telah memberikan nilai tambah ekonomi bagi masyarakat sekitarnya.

Film ini diproduseri Dexandra Bayu dan Kirana Kejora, serta disutradarai oleh Ara Dwi Sagara. Akulah Samudera diproduksi bersama dengan Direktorat Jasa Kelautan sebagai bentuk kepedulian untuk memajukan masyarakat pesisir, dan memberdayakannya, karena masyarakatlah yang memiliki dan harus memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper