Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Jelang Normal Baru, Kemendikbud Prioritaskan Kesehatan Pegawai

Kemendikbud menjalankan sistem piket secara selektif demi menjaga kesehatan pegawai di era Covid-19.
Mutiara Nabila
Mutiara Nabila - Bisnis.com 09 Juli 2020  |  11:21 WIB
Gedung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI di Jakarta. - Bisnis.com/Samdysara Saragih
Gedung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI di Jakarta. - Bisnis.com/Samdysara Saragih

Bisnis.com, JAKARTA – Pada masa pandemi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan selalu memprioritaskan kesehatan dan keselamatan kerja. Apalagi menjelang tatanan kebiasaan baru atau new normal.

Komitmen tersebut tertuang dalam Surat Edaran Sekretaris Jenderal Kemendikbud Nomor 20 Tahun 2020 tentang Sistem Kerja Pegawai Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam Tatanan Normal Baru.

Surat Edaran tersebut ditetapkan untuk mendukung produktivitas kerja serta menjaga keberlangsungan pelaksanaan tugas dan fungsi dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik.

Hal itu dijalankan dengan tetap memprioritaskan kesehatan dan keselamatan pegawai serta masyarakat dalam tatanan normal baru.

"Seluruh unit kerja di lingkungan Kemendikbud secara periodik melakukan sterilisasi dan disinfeksi serta menjalankan seluruh protokol kesehatan dengan ketat dan konsisten,” terang Sekretaris Jenderal Ainun Na`im melalui keterangan resmi yang diterima Bisnis, Kamis (9/7/2020).

Ainun mengimbau seluruh unit kerja di lingkungan Kemendikbud untuk mengonsumsi asupan nutrisi makanan di tempat kerja dengan memilih buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C seperti jeruk, jambu, dan sebagainya.

Jika memungkinkan kepada pekerja dapat diberikan suplemen vitamin C.

Selain itu, untuk mencegah terjadinya penularan kasus Covid-19, seluruh pekerjaan dan layanan semaksimal mungkin diarahkan melalui sistem dalam jaringan (daring).

“Yang dilakukan adalah pendekatan piket dengan kebijakan yang sangat selektif untuk memastikan prioritas utama adalah kesehatan dan keamanan seluruh pegawai dan pihak terkait,” lanjut Ainun terkait pengaturan kerja.

Ainun menambahkan, secara umum, pegawai dalam kondisi baik. 

Sebagai bagian dari protokol kesehatan, tes kesehatan telah dilaksanakan dan tindak lanjut harus dilaksanakan untuk memastikan protokol kesehatan senantiasa terpenuhi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kemendikbud
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top