Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kapal Asing Tangkap Ikan di Perairan Natuna, Susi Pudjiastuti 'Kangen' Jokowi yang Dulu

Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan kembali mengungkap fakta terkait adanya kapal asing yang menangkap ikan di perairan milik Indonesia. Dia juga rindu sosok Presiden Jokowi yang tegas dalam menindak kapal asing pencuri ikan.
Feni Freycinetia Fitriani
Feni Freycinetia Fitriani - Bisnis.com 03 Juli 2020  |  07:26 WIB
Presiden Joko Widodo (kanan) didampingi Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti (kedua kanan) dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kedua kiri) berbelanja, usai meresmikan Pasar Ikan Modern Muara Baru di Jakarta, Rabu (13/3/2019). - ANTARA/Akbar Nugroho Gumay
Presiden Joko Widodo (kanan) didampingi Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti (kedua kanan) dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kedua kiri) berbelanja, usai meresmikan Pasar Ikan Modern Muara Baru di Jakarta, Rabu (13/3/2019). - ANTARA/Akbar Nugroho Gumay

Bisnis.com, JAKARTA - Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan kembali mengungkap fakta terkait adanya kapal asing yang menangkap ikan di perairan milik Indonesia.

Hal tersebut terungkap dari video singkat yang diunggah melalui akun Twitter pribadi miliknya @susipudjiastuti.

"Kiriman dari Nelayan di Natuna tgl 20 Juni.. melihat bbrp kapal vietnam menangkap ikan di perairan kita," cuit @susidpudjiastuti seperti dikutip, Jumat pagi (3/7/2020).

Dalam rekaman video berdurasi 29 detik tersebut, terlihat ada kapal besar yang diduga milik Vietnam berhenti di tengah lautan. Video itu diambil dari kapal kecil milik nelayan dengan menggunakan handphone.

Susi lantas menambah cuitan baru di bawah post video tersebut. Dia meralat informasi pengambilan video tersebut terjadi pada 19 Juni 2020. Dalam pesan singkat yang diterima Susi, dijabarkan bahwa kapal ikan milik Vietnam semakin meraja rela di Laut Natuna dengan menggunakan armada kapal besi dan ukurannya semakin besar. 

Susi lantas memprediksi kapal tersebut bukan milik Vietnam, tetapi negara lain. 

"Sepengetahuan saya kalau kapal besi itu Kapal2 Ikan China," ungkapnya.

Dia membagikan video Presiden Joko Widodo saat berpidato pada Musrenbangnas yang digelar di Jakarta, 18 Desember 2015.

"Kalau saja Pak Presiden bicara lagi seperti dalam video ini," tulis susi menanggapi tautan video yang diunggah akun twitter @ikanLAUTAN_ID.

Berikut isi pidato Presiden Jokowi saat Musrenbangnas 2015:

"Jangan ada toleransi lagi, kapal-kapal yang masih berani masuk ke perairan kita untuk melanggar dan melakukan pencurian ikan. Saya perintahkan langsung saat itu, langsung tenggelamkan!" kata Jokowi.

Sebelumnya, Susi Pudjiastuti bersuara keras terhadap rencana pemberian izin ekspor benih lobster lembaga yang pernah dipimpinnya, Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia (KKP). Kementerian yang dipimpin oleh Edy Prabowo itu pun tidak terima dengan kritik tersebut.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi Susi Pudjiastuti
Editor : Feni Freycinetia Fitriani
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top