Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gawat! Operator Pizza Hut Terbesar di AS Bangkrut?

Perusahaan mengajukan proteksi kebangkrutan Chapter 11 di pengadilan Distrik Selatan Texas pada hari Rabu.
Polisi berkumpul di depan gerai Pizza Hut yang berdekatan dengan lokasi serangan teroris, di Jakarta, Kamis (14/01)./Reuters-Beawiharta
Polisi berkumpul di depan gerai Pizza Hut yang berdekatan dengan lokasi serangan teroris, di Jakarta, Kamis (14/01)./Reuters-Beawiharta

Bisnis.com, JAKARTA – NPC International Inc., pemegang lisensi waralaba restoran Pizza Hut terbesar di AS mengajukan kebangkrutan karena meningkatnya persaingan dan penutupan usaha akibat pandemi virus corona.

Perusahaan mengajukan proteksi kebangkrutan Chapter 11 di pengadilan Distrik Selatan Texas pada hari Rabu. NPC, yang didirikan pada tahun 1962 mengoperasikan 1.227 outlet Pizza Hut dan 393 toko Wendy’s di seluruh AS.

NPC dan Pizza Hut tengah berjuang di tengah meningkatnya biaya tenaga kerja dan makanan sambil mencoba memperluas jangkauan layanan pengiriman. Perusahaan yang berbasis di Overland Park, Kansas tersebut juga tengah menghadapi persaingan ketat dari sejumlah restoran lain seperti Domino's Pizza Inc. dan Papa John's International Inc.

NPC ini memiliki beban utang senilai US$903 juta dan telah melakukan pra-negosiasi perjanjian restrukturisasi dengan 90 persen kreditur tingkat pertama dan 17 persen kreditur tingkat kedua.

Pengajuan kebangkrutan ini bukan berarti Pizza Hut dan Wendy gulung tikar. NPC dapat terus beroperasi sambil menyusun rencana untuk membayar utang dan merombak bisnis. Kebangkrutan ini juga tidak mempengaruhi ribuan gerai Pizza Hut dan Wendy lainnya yang dimiliki oleh pemegang waralaba lain.

Berdasarkan kesepakatan dengan para krediturnya, NPC akan mulai menjual restoran Wendy dalam beberapa hari mendatang. Sementara itu, perusahaan memiliki waktu hingga 24 Juli untuk membuat kesepakatan dengan kreditur lain dan Pizza Hut sendiri mengenai cara restrukturisasi bisnis pizza NPC.

Jika mereka tidak dapat mencapai kesepakatan, NPC akan mencoba menjual sejumlah restoran Pizza Hut, menurut garis besar restrukturisasi yang diajukan ke pengadilan.

"Meskipun pengajuan Chapter 11 NPC telah direncanakan, kami melihatnya sebagai kesempatan untuk menciptakan masa depan yang lebih baik untuk restoran Pizza Hut yang dipegang NPC," kata juru bicara Pizza Hut dalam e-mail, seperti dikutip Bloomberg.

"Kami bekerja dengan NPC dan para krediturnya untuk memastikan bahwa restoran Pizza Hut yang dipegang NPC mampu mendapat dukungan yang mereka butuhkan," lanjutnya.

Sebelum pandemi, NPC yang didukung oleh perusahaan investasi swasta Eldridge Industries LLC meminta bantuan penasihat restrukturisasi di firma hukum Weil Gotshal & Manges serta bank investasi Greenhill & Co. serta penasihat operasional dari AlixPartners LLP.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper