Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Wapres Minta Konsolidasi Pemberdayaan UMKM Segera Dilakukan

Wapres menilai penyederhanaan chanelling pembiayaan untuk UMKM atau pinjaman yang diberikan oleh pihak ketiga kepada anggota Koperasi perlu menjadi perhatian.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 01 Juli 2020  |  19:03 WIB
Wakil Presiden Ma'ruf Amin berjalan usai menyampaikan keterangan kepada wartawan tentang penanganan COVID-19 di Graha BNPB, Jakarta, Senin (23/3/2020).  Wapres meminta Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan fatwa terkait jenazah pasien positif virus corona (COVID-19) yang meninggal dunia. ANTARA FOTO - Aditya Pradana Putra
Wakil Presiden Ma'ruf Amin berjalan usai menyampaikan keterangan kepada wartawan tentang penanganan COVID-19 di Graha BNPB, Jakarta, Senin (23/3/2020). Wapres meminta Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan fatwa terkait jenazah pasien positif virus corona (COVID-19) yang meninggal dunia. ANTARA FOTO - Aditya Pradana Putra

Bisnis.com, JAKARTA - Wakil Presiden Ma'ruf Amin meminta konsolidasi pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) segera dilaksanakan. Langkah ini diperlukan agar kebijakan satu pintu segera direalisasikan.

“One gate policy [kebijakan satu pintu] untuk UMKM harus segera diimplementasikan dalam program restrukturisasi Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil, seperti pada perencanaan program dan anggarannya," kata Wapres melalui keterangan resmi, Rabu (1/7/2020).

Wapres sempat menerima Menkop UKM Teten Masduki, beserta jajaran di kediaman dinas Wapres, Jalan Diponegoro Nomor 2, Jakarta Pusat siang tadi.

Selain kebijakan satu pintu, Wapres menilai penyederhanaan chanelling pembiayaan untuk UMKM atau pinjaman yang diberikan oleh pihak ketiga kepada anggota Koperasi juga perlu menjadi perhatian.

"[Diperlukan] penguatan LPDB [Lembaga Pengelola Dana Bergulir] untuk chanelling pembiayaan murah untuk koperasi, koperasi simpan pinjam, koperasi syariah, dan BMT [Baitul Maal wat Tamwil/Badan Usaha Mandiri]," ujarnya.

Selain itu, Ma'ruf mengatakan penguatan ekosistem pengawasan dan pengembangan sistem perlindungan dana simpanan koperasi juga menjadi satu kesatuan faktor yang harus diperkuat.

"Penguatan ekosistem pengawasan dan pengembangan sistem perlindungan dana simpanan koperasi harus ditingkatkan agar koperasi bisa tumbuh berkembang karena mendapat kepercayaan masyarakat," ungkapnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

umkm kementerian koperasi dan ukm wapres ma'ruf amin
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top