Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Miris! Mayoritas Warga AS Nilai Trump Tak Siap Tangani Covid-19

Publik Amerika Serikat ditemukan berpandangan pesimistis dengan cara pemerintahan Presiden Donald Trump menangani pandemi Covid-19.
Presiden AS Donald Trump saat berkunjung ke pabrik Rawsonville Ford Motor Company di Ypsilanti, Michigan, AS (21/5/2020)/Antara
Presiden AS Donald Trump saat berkunjung ke pabrik Rawsonville Ford Motor Company di Ypsilanti, Michigan, AS (21/5/2020)/Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Publik Amerika Serikat ditemukan berpandangan pesimistis dengan cara pemerintahan Presiden Donald Trump menangani pandemi Covid-19.

Menurut jajak pendapat baru CBS yang dilakukan pada 23-26 Juni 2020, hanya 5 persen responden yang berpendapat bahwa segala sesuatu berjalan "sangat baik” di AS.

Sementara itu, 40 persen responden berpendapat "sangat buruk", 19 persen mengatakan hal-hal berjalan "agak baik", dan 36 persen sisanya berpandangan "agak buruk".

Sebagian besar responden mengatakan bahwa, menilik apa yang dialami dalam beberapa bulan belakangan, pemerintahan Trump tidak siap untuk menangani wabah Covid-19 ketika pertama kali mengemuka pada awal 2020.

“Sekitar 72 persen menilai pemerintah tidak siap dan hanya 28 persen yang menganggap pemerintah siap,” demikian menurut jajak pendapat CBS News, seperti dilansir dari Bloomberg, Senin (29/6/2020).

Hasil jajak pendapat dirilis pada hari ketika kasus infeksi Covid-19 telah melampaui 2,5 juta orang di AS, dengan lebih dari 125.000 orang di antaranya meninggal dunia. Angka-angka ini semakin menetapkan AS sebagai negara dengan jumlah kasus dan korban jiwa tertinggi di dunia.

Hampir separuh dari jumlah responden, yakni 49 persen, mengatakan wabah Covid-19 akan memburuk selama musim panas. Adapun, 51 persen lainnya terbagi antara mereka yang berpikir wabah akan membaik dan mereka yang memperkirakan akan tetap sama.

Secara keseluruhan, jajak pendapat CBS menunjukkan penilaian publik tentang bagaimana Presiden Donald Trump menangani wabah virus terus menurun, menjadi 41 persen saat ini dari 47 persen pada pertengahan April dan 53 persen pada akhir Maret.

Survei yang sama juga menunjukkan bahwa pengenaan masker di depan umum, seperti yang direkomendasikan oleh sebagian besar pejabat kesehatan publik sebagai cara untuk memperlambat penyebaran Covid-19, hanya dijalani kalangan tertentu. Banyak anggota Partai Republik justru cenderung mengabaikan penggunaan masker.

Responden mengatakan bahwa mereka mempercayai naluri mereka soal isu masker lebih dari apa pun. Sekitar 86 persen dari mereka yang menggunakan masker mengatakan melakukannya karena keinginan sendiri ketimbang anjuran profesional medis dan kesehatan.

Survei terhadap 2.009 penduduk berusia dewasa di AS ini dilakukan untuk CBS oleh YouGov dan memiliki margin kesalahan plus atau minus 2,6 poin persentase.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Hafiyyan
Sumber : bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper