Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Di Masa Pandemi, Pelindo I Pastikan Dukungan Ke UMKM Terus Berjalan

PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 secara rutin terus menyalurkan dana program kemitraan dan pembinaan bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 27 Juni 2020  |  22:11 WIB
Ilustrasi-Pekerja menyelesaikan pembuatan kursi pantai berbahan rotan di Tegal Wangi, Cirebon, Jawa Barat, Selasa (12/2/2019). - ANTARA FOTO/Dedhez Anggara
Ilustrasi-Pekerja menyelesaikan pembuatan kursi pantai berbahan rotan di Tegal Wangi, Cirebon, Jawa Barat, Selasa (12/2/2019). - ANTARA FOTO/Dedhez Anggara

Bisnis.com, JAKARTA - PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 secara rutin terus menyalurkan dana program kemitraan dan pembinaan bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Selama masa pandemi Covid-19 ini, Pelindo 1 juga bekerjasama dengan mitra binaan di seluruh cabang wilayah Pelindo 1 untuk menyediakan kebutuhan program bantuan sosial, diantaranya masker, handsanitizer, alat pelindung diri (APD), dan sembako yang selanjutnya dibagikan kepada masyarakat terdampak covid-19.

VP Public Relations Pelindo 1, Fiona Sari Utami mengatakan bahwa melalui dukungan tersebut, perseoran berharap UMKM mampu bertahan dan berkembang di masa pandemi Covid-19.

"Selain itu, penyaluran dana tetap digulirkan dan Pelindo 1 juga secara aktif membantu memperkuat kompetensi pelaku UMKM dengan memberikan pelatihan-pelatihan online kewirausahaan, branding secara online dan juga bagaimana bisa memasarkan produknya baik offline maupun online dengan maksimal terutama di masa pandemi Covid-19 ini" paparnya dalam keterangan resmi, Sabtu (27/6/2020).

Lebih lanjut, Pelindo 1 terus menjalankan program-program yang mendukung kemandirian ekonomi salah satunya program kemitraan dan pembinaan UMKM sejak 1991.

Hingga saat ini, Pelindo 1 memiliki 1.323 mitra binaan yang tersebar di seluruh wilayah kerja Pelindo 1 di empat provinsi yang meliputi Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Riau, dan Kepulauan Riau.

“Program tersebut berupa pemberian bantuan pinjaman permodalan kepada setiap UMKM yang dinilai layak, dan program pembinaan berupa pelatihan kepada UMKM, mengoptimalkan kompetensi bidang usaha yang mereka tekuni. Program ini merupakan salah satu bentuk dukungan Pelindo 1 untuk mewujudkan kemandirian ekonomi di tengah-tengah masyarakat,” imbuh Fiona.

Total realisasi anggaran yang telah disalurkan kepada UMKM pada 2019 sebesar Rp17,1 Miliar.

Sementara pada Januari hingga Mei 2020, anggaran program kemitraan yang telah disalurkan sebesar Rp2,4 Miliar.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

umkm
Editor : Andhika Anggoro Wening
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top