Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kasad Instruksikan Anggota TNI Bantu Pasok Stok Darah di RSPAD

Stok darah di RSPAD Gatot Soebroto menipis selama pandemi Covid-19 akibat jarangnya pendonor yang datang ke rumah sakit tersebut.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 24 Juni 2020  |  13:57 WIB
Stok darah di RSPAD Gatot Subroto menipis selama pandemi Covid-19 akibat jarangnya pendonor yang datang ke rumah sakit tersebut.  - pmi.or.id/Ilustrasi
Stok darah di RSPAD Gatot Subroto menipis selama pandemi Covid-19 akibat jarangnya pendonor yang datang ke rumah sakit tersebut. - pmi.or.id/Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Aktivitas donor darah di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto mengalami penurunan sejak pandemi Covid-19. Kondisi itu berdampak pada pasok darah di rumah sakit tersebut.

Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Andika Perkasa pun menginstruksikan jajarannya menggelar kegiatan donor darah untuk memenuhi stok darah di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto Jakarta.

"Sejak pandemi itu jarang ada donor yang datang ke RSPAD," kata Kasubinstal Patologi Klinik RSPAD dr. Martina Lily Yana yang dikutip dari akun resmi youtube TNI AD, Rabu (24/6/2020).

Pada Senin (22/6), kata dr. Martina Lily Yana, stok sangat menipis, kemudian Kasad memerintahkan pihaknya melakukan donor darah di Mabesad. Kegiatan ini merupakan inisiatif dari Kasad.

Kegiatan donor darah yang digelar di Markas Besar TNI Angkatan Darat (Mabesad), Selasa (23/6), diikuti oleh ratusan prajurit dan jajaran Persatuan Istri Tentara (Persit) Kartika Chandra Kirana.

Menurut dr. Lily, ketersediaan darah di RSPAD menipis pada masa pandemi Covid-19 karena jarangnya donor yang datang langsung ke rumah sakit. Kondisi itu membuat tim RSPAD harus aktif mencari donor.

Untuk menjadi donor, kata dia, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, yakni tensi darah normal, kadar hemoglobin (Hb) 12,5 hingga 17, serta tidak dalam keadaan demam dan tidak memiliki penyakit bawaan atau komorbid.

Ia berharap kegiatan ini dapat menjadi agenda rutin setiap 3 bulan sekali. Tidak hanya digelar di Mabes TNI AD, tetapi juga di satuan-satuan lainnya.

"Kami berharap bisa mengadakan kegiatan donor darah ini di sini dan di beberapa satuan yang lain," ucap dr. Lily.

Dalam kesempatan itu, Persit Kartika Chandra Kirana turut menyerahkan bantuan masker kepada babinsa wilayah Kodim Jakarta.

Sebanyak 750 masker batik dari Yayasan Batik Indonesia akan distribusikan oleh babinsa kepada masyarakat di sekitar wilayah Jakarta.

"Persit Kartika Chandra Kirana ikut dalam kegiatan donor darah di Mabesad, kemudian menyerahkan bantuan masker dari Yayasan Batik Indonesia kepada babinsa wilayah Kodim Jakarta untuk didistribusikan kepada masyarakat," ujar Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana Hetty Andika Perkasa.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

donor darah rspad gatot soebroto

Sumber : Antara

Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top