Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pecah Kongsi dengan Intel, Apple Produksi Chip Prosesor Sendiri

Kemitraan antara Apple dan Intel sebenarnya dibentuk pada 2005, ketika Steve Jobs pecah kongsi dengan produsen prosesor PowerPC. Penjajakan produksi prosesor mandiri telah dimulai sejak 2012.
Logo Apple di satu toko Apple di Munich, Jerman/Reuters
Logo Apple di satu toko Apple di Munich, Jerman/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Apple Inc. akan menjual komputer Mac menggunakan prosesor yang diproduksi sendiri, menandai berakhirnya aliansi dengan Intel Corp. selama 15 tahun terakhir.

CEO Apple Tim Cook mengatakan Mac pertama dengan chip yang dirancang Apple akan debut pada akhir tahun ini. Apple juga mengerjakan model prosesor dengan Intel.

"Ketika kami membuat perubahan yang berani, itu untuk satu alasan sederhana tetapi kuat, sehingga kami dapat membuat produk yang jauh lebih baik," kata Cook, dilansir Bloomberg, Selasa (23/6/2020).

Penjajakan produksi prosesor mandiri telah dimulai sejak 2012. Pada 2018, Bloomberg melaporkan bahwa Apple akan secara resmi memulai transisi dari Intel pada 2020.

Kemitraan antara Apple dan Intel dibentuk pada 2005, ketika Steve Jobs pecah kongsi dengan produsen prosesor PowerPC.

Dalam beberapa tahun terakhir, kecepatan dan efisiensi daya chip ponsel Apple telah meningkat pesat, sementara laju peningkatan pada komponen Intel telah melambat.

Hal ini membuat eksekutif Apple kesal dan mendorong unit silikon perusahaan untuk mengembangkan prosesor yang lebih kuat dan cocok untuk Mac.

Senior Vice President of Hardware Technologies Johny Srouji mengatakan chip baru ini akan memberikan keamanan dan daya tahan baterai yang lebih baik. Pengembang perlu mengkompilasi versi aplikasi yang kompatibel dengan produk baru agar perangkat lunak dapat berjalan dengan lancar.

Namun, Apple akan memberikan solusi untuk membuat aplikasi lama berjalan di sistem yang baru. Microsoft Corp dan Adobe Inc. sudah mulai memperbarui Office dan Photoshop.

Apple akan merilis versi baru utama sistem operasi Mac, yang disebut Big Sur, dengan dukungan untuk chip baru. Desainnya terlihat mirip dengan iPhone dan iPad dengan ikon aplikasi melengkung, tembus cahaya, gelembung pemberitahuan dan fitur widget baru dari iOS 14.

Selain memastikan perangkat lunak lawas berjalan dengan baik pada Mac baru, tantangan bagi Apple adalah membuat prosesor cukup cepat untuk menggantikan chip Intel dalam jajaran komputer pro. Apple tidak mengatakan Senin model mana yang akan mendapatkan chip baru.

Sementara itu, Mac tidak lagi menjadi pendorong pendapatan utama bagi Apple seperti dulu, tetapi masih dapat terjual sekitar 20 juta unit per tahun dan menghasilkan sekitar US$25 miliar.

Komputer itu juga merupakan kunci bagi Apple untuk mempertahankan pasar profesionalnya, yang juga memacu pembelian perangkat yang lebih populer seperti iPhone, AirPods, dan Apple Watches.

Bagi Intel, terputusnya kerja sama dengan Apple merupakan pukulan simbolis daripada pukulan finansial. Menurut perkiraan analis Stacy Rasgon, seluruh jajaran laptop Mac hanya mewakili kurang dari 5 persen dari pendapatan tahunan Intel.

Kekhawatiran yang lebih besar yakni Apple bisa memancing pembuat komputer lain untuk melakukan langkah serupa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Reni Lestari
Sumber : Bloomberg

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper