Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Tingkat Kepercayaan Orang Swedia kepada Uni Eropa Turun Drastis

Selain itu, proporsi orang Swedia yang masih menghendaki bertahan di Uni Eropa kini tinggal 15,6 persen.
Herdanang Ahmad Fauzan
Herdanang Ahmad Fauzan - Bisnis.com 11 Juni 2020  |  18:15 WIB
Suasana di Kungstradgarden park di Stockholm, Swedia - Bloomberg / Mikael Sjoberg
Suasana di Kungstradgarden park di Stockholm, Swedia - Bloomberg / Mikael Sjoberg

Bisnis.com, JAKARTA - Riset terbaru yang dilakukan Statistics Sweden menunjukkan tingkat kepercayaan orang Swedia terhadap Uni Eropa (UE) menurun drastis ketimbang enam bulan lalu.

Seperti diwartakan Bloomberg pada Jumat (11/6/2020), survei tersebut menunjukkan cuma ada 57,2 persen warga Swedia yang masih percaya pada UE. Padahal, pada November 2019 lalu angkanya masih berada di kisaran 60 persen.

Tak cuma itu, proporsi orang Swedia yang masih menghendaki bertahan di UE kini tinggal 15,6 persen, anjlok ketimbang angka 16,8 persen tahun sebelumnya.

Penurunan kepercayaan terhadap UE bukan kejutan mengingat sikap negara tersebut baru-baru ini. Swedia saat ini merupakan satu dari empat anggota UE yang menentang rencana pemulihan Covid-19.

Swedia merasa kesepakatan itu tak menguntungkan mereka, apalagi porsi yang diberikan untuk negara tersebut jauh lebih kecil ketimbang Italia, Inggris atau Spanyol.

"Yang terpenting dari kondisi saat ini adalah bila kita melihat dengan cermat, rencana UE tidak akan memulihkan negara-negara yang sebenarnya lebih terdampak Covid-19m," ujar Menteri Kesehatan Swedia Magdalena Anderson.

Menurut laporan terkini Johns Hopsins University, per Jumat (11/6/2020) jumlah infeksi kasus Covid-19 di Swedia sudah menyentuh 46.814. Dari jumlah itu, 4.795 orang di antarananya telah meninggal dunia.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

uni eropa swedia

Sumber : Bloomberg

Editor : Oktaviano DB Hana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top