Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pelindo III Sediakan Ribuan Rapid Test Gratis di Jawa Timur

Pelindo III memberikan fasilitas alat uji cepat (rapid test) Covid-19 kepada calon penumpang di Pelabuhan Tanjung Wangi dan Pelabuhan Penyeberangan Ketapang Banyuwangi.
Rio Sandy Pradana
Rio Sandy Pradana - Bisnis.com 03 Juni 2020  |  14:12 WIB
Pelindo III menyediakan fasilitas alat uji cepat (rapid test) Covid-19 kepada calon penumpang di Pelabuhan Tanjung Wangi dan Pelabuhan Penyeberangan Ketapang Banyuwangi, Selasa (2/6 - 2020). Dok. Pelindo III
Pelindo III menyediakan fasilitas alat uji cepat (rapid test) Covid-19 kepada calon penumpang di Pelabuhan Tanjung Wangi dan Pelabuhan Penyeberangan Ketapang Banyuwangi, Selasa (2/6 - 2020). Dok. Pelindo III

Bisnis.com, JAKARTA - PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III memberikan fasilitas alat uji cepat (rapid test) Covid-19 kepada calon penumpang di Pelabuhan Tanjung Wangi dan Pelabuhan Penyeberangan Ketapang Banyuwangi.

Direktur Sumber Daya Manusia Pelindo III Toto Heli Yanto menjelaskan pemberian fasilitas tersebut merupakan bagian dari bantuan sebanyak 50 ribu rapid test gratis bagi warga pesisir, pelabuhan hingga pondok pesantren. Adapun, program tersebut bertujuan untuk memutus penyebaran Covid-19 di Indonesia.

"Kami melakukan sistem jemput bola dalam pelaksanaan bantuan rapid test gratis ini. Tim kami bekerja sama dengan Gugus Tugas pemda setempat yang datang langsung ke wilayah yang dianggap rawan penyebaran Covid-19. Kami ingin memberikan kesempatan yang sama bagi seluruh masyarakat untuk mendapat fasilitas deteksi dini tersebut yang bermanfaat dalam pemetaan penyebaran Covid-19 di Indonesia,” kata Toto dalam siaran pers, Rabu (3/6/2020).

Dia menuturkan tim medis dari KKP setempat dan Gugus Tugas Covid-19 Pemerintah Daerah banyuwangi melayani satu per satu calon penumpang di Pelabuhan Tanjung Wangi dan Pelabuhan Penyeberangan Ketapang Banyuwangi. Sebanyak 3.000 alat rapid test disiapkan untuk melayani para calon penumpang sesaat sebelum mereka menyeberang menuju Pulau Bali dan Pulau Sapeken Madura.

Pihaknya menuturkan rapid test gratis yang diselenggarakan di Ketapang Banyuwangi ini merupakan rangkaian kegiatan bantuan 50.000 rapid test gratis yang diselenggarakan oleh Pelindo III kepada masyarakat maritim, kampung nelayan, warga di pelabuhan hingga pondok pesantren. Hal ini bertujuan mendukung program pemerintah memetakan dan memutus penyebaran Covid-19 sekaligus membantu masyarakat maritim melakukan pendeteksian dini kesehatan mereka di tengah pandemi.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Banyuwangi Ali Ruchi menilai bantuan dari Pelindo III sangat bermanfaat bagi calon penumpang yang wajib menyertakan bukti bebas Covid-19 sebelum berpergian. Selain itu juga membantu Pemerintah Daerah Banyuwangi mencegah penyebaran Covid-19 di wilayahnya.

“Kami menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Pelindo III yang sudah memberikan fasilitas rapid test gratis kepada teman teman kami bagi tim dan calon penumpang, Tentunya ini akan sangat bermanfaat sekali untuk memetakan sekaligus mencegah penyebaran Covid-19 di wilayah penyeberangan dan pelabuhan khususnya kawasan pesisir Kabupaten Banyuwangi,” ujar Ali.

Rencananya pelaksanaan rapid tes gratis di pelabuhan penyeberangan Ketapang Banyuwangi akan di gelar hingga tanggal 4 Juni 2020. Di sisi lain, Pelindo III terus berkoordinasi dengan Gugus Tugas Covid-19 dan Pemerintah Daerah setempat membahas teknis pelaksaan bantuan 50.000 rapid test massal gratis tersebut.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pelindo iii
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top