Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Penggunaan Masker Dapat Menekan Penyebaran Virus Corona

Meluasnya penggunaan masker dapat membantu ekonomi dibuka kembali dari lockdown dengan aman jika dikombinasikan dengan protokol pembatasan jarak sosial dan tindakan pencegahan lainnya.
Aprianto Cahyo Nugroho
Aprianto Cahyo Nugroho - Bisnis.com 02 Juni 2020  |  07:11 WIB
Klub Sepak Bola Barcelona luncurkan masker untuk cegah penularan Covid-19. - Istimewa
Klub Sepak Bola Barcelona luncurkan masker untuk cegah penularan Covid-19. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Meluasnya penggunaan masker dapat membantu ekonomi dibuka kembali dari lockdown dengan aman jika dikombinasikan dengan protokol pembatasan jarak sosial dan tindakan pencegahan lainnya.

Hal tersebut diungkapkan oleh jurnal penelitian terbaru dari The Lancet. Selain itu, risiko penularan lebih rendah di rumah tangga dan di antara kontak orang yang terinfeksi ketika masker dikenakan.

Untuk para petugas medis dalam pengaturan perawatan kesehatan, perangkat masker tipe respirator memberikan tingkat perlindungan yang lebih tinggi daripada masker bedah standar.

Para peneliti meninjau data dari 172 studi yang menilai efektivitas masker, jarak, pelindung mata dan tindakan lain dalam mencegah penularan dari pasien terkonfirmasi atau kemungkinan menderita Covid-19, sindrom pernapasan Timur Tengah (MERS), atau SARS.

Penggunaan masker wajah universal mungkin memungkinkan pencabutan pembatasan yang aman di wilayah yang ingin melanjutkan aktivitas normal dan dapat melindungi orang-orang di lingkungan publik yang ramai dan di dalam rumah tangga," ungkap profesor keamanan hayati global di University of New South Wales, Raina MacIntyre, seperti dikutip Bloomberg.

Penelitian ini didanai sebagian oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan dilakukan oleh para peneliti di lebih dari belasan universitas, rumah sakit, dan lembaga lainnya di negara-negara termasuk Kanada, AS, China, dan AS.

Banyak otoritas kesehatan di sejumlah negara berbeda pendapat mengenai penggunaan masker oleh masyarakat umum. Negara-negara seperti Austria, Jerman dan Republik Ceko mengambil langkah untuk mendorong penggunakan untuk umum.

Sementra itu, negara lain seperti Inggris mengambil langkah lebih hati-hati, sebagian karena kekhawatiran terhadap kemungkinan kekurangan masker bagi tenaga kesehatan. Para peneliti menyerukan tindakan untuk meningkatkan output di seluruh dunia.

Mereka mengingatkan bahwa ada kepastian yang rendah terhadap temuan mengenai manfaat masker bagi masyarakat luas. Jarak aktivitas sosial juga memainkan peran kunci dalam mencegah penularan.

Peneliti pengungkap menjaga jarak 1 meter ketika beraktivitas bersama secara signifikan mengurangi risiko. Sementara itu, jarak yang lebih jauh dapat mengurangi kemungkinan penularan virus hingga setengahnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona masker covid-19

Sumber : bloomberg

Editor : Hafiyyan
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

BisnisRegional

To top