Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

102 Kabupaten/Kota Zona Hijau Bisa Segera Mulai New Normal

Presiden Joko Widodo memerintahkan Ketua Gugus Tugas Covid-19 untuk memberikan kewenangan kepada 102 kabupaten/kota untuk dapat kembali memulai kegiatan secara produktif.
Nindya Aldila
Nindya Aldila - Bisnis.com 30 Mei 2020  |  17:57 WIB
Sejumlah pekerja berjalan usai bekerja dengan latar belakang gedung perkantoran di Jl. Jenderal Sudirman, Jakarta, Kamis (16/4/2020). Pemprov DKI Jakarta akan memberikan sanksi berupa mencabut perizinan kepada perusahaan yang tetap beroperasi di masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) kecuali delapan sektor yang memang diizinkan. - ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Sejumlah pekerja berjalan usai bekerja dengan latar belakang gedung perkantoran di Jl. Jenderal Sudirman, Jakarta, Kamis (16/4/2020). Pemprov DKI Jakarta akan memberikan sanksi berupa mencabut perizinan kepada perusahaan yang tetap beroperasi di masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) kecuali delapan sektor yang memang diizinkan. - ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Bisnis.com, JAKARTA — Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 mencatat ada 102 kabupaten/kota yang tidak memiliki kasus positif Covid-19 atau menjadi zona hijau. Sejumlah daerah tersebut bisa segera memulai kegiatan produktif tapi tetap aman dari Covid-19.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengatakan bahwa untuk daerah yang zona hijau, pemerintah terus berupaya untuk mempertahankan agar tidak berubah menjadi zona kuning atau oranye. 

Untuk daerah yang tidak memiliki kasus penularan Covid-19, dia menyatakan bahwa sesuai arahan dari Presiden Joko Widodo, memerintahkan Ketua Gugus Tugas Covid-19 untuk memberikan kewenangan kepada 102 kabupaten/kota untuk dapat kembali memulai kegiatan secara produktif.

“Presiden Jokowi memerintahkan ketua gugus tugas untuk memberikan kewenangan kepada 102 Pemerintah kabupaten/kota yang berada dalam zona hijau untuk melaksanakan kegiatan masyarakat produktif dan aman Covid-19,” kata Doni dalam konferensi pers di Graha BNPB, Sabtu (30/5/2020).

Doni mengatakan bahwa dalam berkegiatan, masyarakat diharuskan tetap mematuhi protokol kesahatn dan tetap waspada terhadap ancaman Covid-19. Hal itu dilakukan guna mencegah kasus penyebaran Covid-19 kembali meningkat. 

“Seterusnya setiap daerah juga harus memperhatikan ketentuan tentang testing- testing yang agresif isolasi yang ketat serta treatment yang dapat menyembuhkan pasien Covid-19,” ujarnya.

Berikut ini adalah daftar 102 kabupaten/kota zona hijau:

Papua: 17 kabupaten/kota

Maluku: 5 kabupaten/kota

Papua Barat: 5 kabupaten/kota

Maluku Utara: 2 kabupaten/kota

Sulawesi Utara: 2 kabupaten/kota

Sulawesi Selatan: 1 kabupaten/kota

Sulawesi Tenggara: 5 kabupaten/kota

Sulawesi Tengah: 3 kabupaten/kota

Sulawesi Barat: 1 kabupaten/kota

Gorontalo: 1 kabupaten/kota

NTT: 14 kabupaten/kota

Kalimantan Tengah: 1 kabupaten/kota

Kalimantan Timur: 1 kabupaten/kota

Jawa Tengah: 1 kabupaten/kota

Kep. Bangka Belitung: 1 kabupaten/kota

Sumatra Utara: 15 kabupaten/kota

Jambi: 1 kabupaten/kota

Bengkulu: 1 kabupaten/kota                                 

Lampung: 2 kabupaten/kota

Kep. Riau: 3 kabupaten/kota

Riau: 2 kabupaten/kota

Aceh: 14 kabupaten/kota

Sumatra Selatan: 4 kabupaten/kota

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona covid-19 New Normal
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top