Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Lonjakan Kasus Covid-19 di DKI Jakarta, Sebagian Datang dari Pekerja Migran

Gugus Tugas Percepatan Penangan Covid-19 melaporkan adanya lonjakan kasus positif Covid-19 di DKI Jakarta sebesar 125 kasus pada hari ini, Jumat (29/5/2020).
Nyoman Ary Wahyudi
Nyoman Ary Wahyudi - Bisnis.com 29 Mei 2020  |  16:41 WIB
Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19 Achmad Yurianto. JIBI - Bisnis/Nancy Junita
Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19 Achmad Yurianto. JIBI - Bisnis/Nancy Junita

Bisnis.com, JAKARTA — Gugus Tugas Percepatan Penangan Covid-19 melaporkan adanya lonjakan kasus positif Covid-19 di DKI Jakarta sebesar 125 kasus pada hari ini, Jumat (29/5/2020).

Dengan demikian, akumulasi jumlah total kasus positif Covid-19 di DKI Jakarta menjadi 7.128 orang atau sebanyak 28,26% dari total kasus nasional yang tercatat sebanyak 25.216 kasus.

Kendati demikian, Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto mengklaim lonjakan itu disebabkan karena adanya kasus baru yang ditemukan pada pekerja migran yang baru kembali ke Indonesia melalui Bandara Soekarno-Hatta.

“Kita lihat DKI naik cukup tinggi 125 kasus. Namun ini bukan seluruhnya ada pada wilayah administrasi DKI. Karena pekerja migran Indonesia yang kembali ke tanah air melalui Bandara Soekarno-Hatta seluruhnya kita screening dan lakukan tes PCR. Banyak dari mereka yang positif,” kata Yuri dalam konferensi pers virtual di BNPB, Jakarta.

Dengan demikian, Yuri menegaskan, lonjakan kasus itu bukan menjadi gambaran kondisi epidemiologi yang ada di wilayah administrasi DKI saja. Namun, angka itu juga turut menggambarkan kondisi yang dialami para pekerja migran.

“Jika dilihat haya di DKI saja, maka angkanya cukup stabil dari hari ke hari,” ujarnya.

Sementara itu, pemerintah mencatat adanya penambahan kasus baru pasien positif virus Corona atau Covid-19 di Indonesia, sebanyak 678 orang, sehingga total pasien terkonfirmasi Covid-19 menjadi 25.216 kasus. Data tersebut diperoleh hingga siang ini, Jumat (29/5/2020).  

Menurut Yuri, data terbaru itu dihimpun dari seluruh rumah sakit yang merawat pasien Covid-19 di seluruh Indonesia. Penambahan kasus positif Covid-19 itu diperoleh dari hasil pemeriksaaan polymerase chain reaction (PCR) dan tes cepat molekuler (TCM).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

dki jakarta Virus Corona covid-19
Editor : Ropesta Sitorus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

BisnisRegional

To top