Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Satgas Covid-19 DPR Pastikan Tatanan New Normal Sesuai Protokol Covid-19

Satuan Tugas Lawan Covid-19 DPR hari ini meninjau persiapan protokol yang akan digunakan untuk menghadapi new normal atau tatanan normal baru. Satgas berkunjung ke Kantor Kementerian Kesehatan RI.
Sufmi Dasco Ahmad/Bisnis-Jaffry Prabu Prakoso
Sufmi Dasco Ahmad/Bisnis-Jaffry Prabu Prakoso

Bisnis.com, JAKARTA - Satuan Tugas Lawan Covid-19 DPR hari ini meninjau persiapan protokol yang akan digunakan untuk menghadapi new normal atau tatanan normal baru. Satgas berkunjung ke Kantor Kementerian Kesehatan RI.

Kunjungan dipimpin Wakil Ketua DPR Koordinator Bidang Ekonomi dan Keuangan (Korekku) Sufmi Dasco Ahmad.

“Prioritas utama kita adalah tentang bagaimana tatanan hidup baru dipenuhi dengan protokol Covid-19. Kami datang selain memberikan dukungan juga memastikan protokol new normal di semua sektor lebih dipersiapkan, sehingga sektor-sektor lainnya kemudian akan dipandu untuk membuat SOP dengan kebutuhan di tempat masing-masing,” kata Dasco dalam wawancara singkat usai pertemuan di Kantor Kementerian Kesehatan, Jakarta Selatan, Rabu (27/5/2020).

Meski saat ini kurva pertambahan kasus masih terus meningkat, Dasco tetap menilai tatanan hidup baru tidak bisa terelakkan.

“Kurva ini tidak bisa [dibiarkan] meninggi lebih lama, karena biar bagaimana pun rakyat kita juga sedang susah. Upaya untuk menurunkan kurva dan menggerakan roda ekonomi itu harus saling berjalan, untuk protokol new normal harus diikuti oleh semua sektor untuk menjamin tenaga kerja, anak sekolah, dan lain-lain,” kata Dasco.

Senada dengan Dasco, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menegaskan bahwa peraturan-peraturan turunan dalam menghadapi tatanan normal baru sudah disiapkan.

“Peraturan-peraturan turunan sudah disiapkan, ini sudah disiapkan dan apalagi dengan kunjungan dari Satgas Lawan Covid-19 ini makin detail dan implementasinya makin bisa dikerjakan dengan baik. Yang paling penting dukungan dari DPR sangat membantu kami membuat protokol-protokol yang lebih mendetail,” kata Menkes.

Mengenai waktu pelaksanaan dan terkait apakah nantinya daerah-daerah akan mengajukan izin new normal kepada Kemenkes, Terawan menjawab untuk tetap menunggu.“

Dibentuk pada awal April lalu, Satgas Lawan Covid-19 DPR berkomitmen untuk bergotong-royong membantu pemerintah dalam menghadapi pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) hingga ke tiap-tiap daerah.

Dalam kesempatan tersebut, Dasco menegaskan selain memberi masukan kepada pemerintah, Satgas juga melakukan peninjauan ke berbagai sektor untuk memastikan sejauh mana protokol-protokol kesehatan dibuat sesuai dengan kebutuhan masing-masing sektor pelaksana kebijakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper