Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Novavax Mulai Uji Vaksin Virus Corona pada Manusia

Novavax Inc. memulai pengujian vaksin virus corona pada manusia. Hasil awal pengujian berupa respons imun yang muncul diperkirakan dapat terlihat pada awal bulan Juli.
Aprianto Cahyo Nugroho
Aprianto Cahyo Nugroho - Bisnis.com 26 Mei 2020  |  08:06 WIB
Calon vaksin virus Corona (Covid-19). - Shutterstock
Calon vaksin virus Corona (Covid-19). - Shutterstock

Bisnis.com, JAKARTA – Novavax Inc. memulai pengujian vaksin virus corona pada manusia. Hasil awal pengujian berupa respons imun yang muncul diperkirakan dapat terlihat pada awal bulan Juli.

Pada bagian pertama penelitian, 130 sukarelawan dewasa sehat di dua lokasi di Australia akan diberikan dua dosis NVX-CoV2373, vaksin eksperimental perusahaan.

Jika hasil awal terlihat menjanjikan, perusahaan berencana untuk segera melakukan fase kedua percobaan, yang akan memperluas pengujian ke negara lain dan kelompok umur di luar 18 hingga 59 tahun.

Valuasi Novavax telah melonjak lebih dari 1.000 persen menjadi sekitar US$2,7 miliar sejak awal tahun meskipun tidak memiliki produk di pasar.

Setelah meraih pendanaan senilai US$388 juta dari Coalition for Epidemic Preparedness Innovations (CEPI) yang berbasis di Oslo, Novavax mengatakan pihaknya menargetkan otorisasi penggunaan darurat dan produksi dapat ditingkatkan hingga 100 juta dosis pada akhir tahun.

 “Investasi kami di Novavax memungkinkan kami untuk fokus pada produksi yang berjalan secara paralel dengan pengembangan klinis vaksin, sehingga jika vaksin terbukti aman dan efektif, kami dapat menyediakan vaksin bagi mereka yang membutuhkannya tanpa penundaan,” ungkap CEO CEPI Richard Hatchett, seperti dikutip Bloomberg.

Perusahaan yang berbasis di Gaithersburg, Maryland ini adalah satu dari 10 perusahaan diperkirakan telah mulai menguji vaksin terhadap manusia. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan ada lebih dari 100 kandidat vaksin lain dalam tahap awal pengembangan.

Pekan lalu, Moderna Inc. melaporkan hasil pengujian vaksin Covid-19 pertama pada manusia.

Pengembang vaksin yang lebih kecil berlomba bersama produsen obat yang lebih besar dan menguntungkan seperti Pfizer Inc., AstraZeneca Plc. serta institusi akademik.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

vaksin Virus Corona

Sumber : bloomberg

Editor : Hafiyyan
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top