Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cara Aman Merayakan Idulfitri dari Pandemi Covid-19

Bagaimana Anda dapat merayakan Idulfitri dengan aman di tengah pandemi Covid-19?
Menggunakan masker saat salat di tempat umum atau masjid sebagai salah satu cara mencegah penularan Covid-19./Istimewa
Menggunakan masker saat salat di tempat umum atau masjid sebagai salah satu cara mencegah penularan Covid-19./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Bagaimana Anda dapat merayakan Idulfitri dengan aman di tengah pandemi Covid-19?

Saat Idulfitri, orang-orang mengunjungi masjid atau berkumpul di ruang terbuka untuk salat bersama, melakukan kegiatan amal, pesta dan mengunjungi tempat masing-masing untuk menyapa keluarga dan menggelar acaa terkait Idulfitri.

Namun, tahun ini perayaan Idulfitri berbeda dengan tahun lalu. Saat ini, dunia sedang mengalami masa yang sangat menantang dan sulit, yaitu pandemic Covid-19 yang disebabkan virus corona SARS-CoV-2

Pandemi Covid-19 telah melumpuhkan banyak negara. Dalam keadaan seperti ini, segala jenis perayaan, termasuk Idulfitri dengan banyak orang (teman dan keluarga), akan membuat risiko kesehatan.

Mengingat situasi ini, banyak dewan/lembaga agama dan pemimpin masyarakat mendesak untuk menghindari pertemuan. Banyak masjid bahkan membatalkan salat umum dan memilih salat virtual, sehingga menginspirasi orang untuk tinggal di rumah.

Bagaimana Anda dapat merayakan Idulfitri dengan aman bersama keluarga saat lockdown atau pembatasan sosial berksala besar (PSBB)?

salat idulfitri
salat idulfitri

Virtual

Anda bisa merayakan idulfitri dan buka puasa dengan keluarga secara virtual.

Dalam situasi normal, persiapan pesta dimulai hampir sehari sebelumnya dan berbagai hidangan lezat dimasak untuk anggota keluarga dan teman. Pada malam Idulfitri, orang-orang mengunjungi tempat masing-masing dan mengadakan pesta buka puasa.

Namun, mengingat keadaan saat ini, orang harus menghindari kunjungan sosial. Kini, Anda dapat terhubung dengan kelaurga besar atau teman melalui berbagai platform online.


Dekorasi rumah

Salah satu cara terbaik untuk mengalahkan kesuraman adalah dengan memberi rumah Anda tampilan yang meriah. Anda bisa mendekorasi rumah dengan dekorasi bertema Lebaran.

Pilih doa-doa keagamaan yang sesuai dengan acara tersebut. Hal ini tidak hanya akan membuat Anda sibuk tetapi membuat semua orang merasa bergembira dan mudah-mudahan mereka akan sedikit memperhatikan ketidakhadiran teman dan saudara mereka.

donasi digital
donasi digital

Beramal secara online

 Amal berperan besar dalam perayaan Idulfitri. Namun, alih-alih pergi keluar dan bertemu orang-orang miskin yang membutuhkan bantuan, Anda bisa memilih beramal atau memberi sumbangan secara online.

Ada banyak orang yang sangat membutuhkan bantuan saat ini dan banyak organisasi (baik swasta maupun publik) memberikan dana bantuan kepada orang-orang seperti itu dan membantu mereka kapan pun diperlukan. Anda dapat memberikan donasi online melalui organisasi-organisasi itu.

Jangan lupa dandan

Pandemi Covid-19 bisa merunkan motivasi untuk berdandan. Tapi, tidak ada festival yang lengkap tanpa berdandan untuk acara ini, dan Idulfitri tidak berbeda.

Anda mungkin tidak memiliki pakaian baru untuk dikenakan karena semua pasar dan toko online tutup untuk waktu yang lama, tetapi Anda dapat memilih sesuatu yang sesuai dengan acara tersebut dari pakaian lama Anda. Berdandan dan mengenakan baju yang cocok niscaya akan membuat Anda merasa jauh lebih baik meski merayakan secara virtual.

Jaga jarak

Jika ada kelaurga yang berkunjung, Anda setidaknya harus mencoba menjaga jarak sosial sambil menyambut tamu. Hindari berpelukan atau berjabat tangan, pakai topeng dan jaga jarak setidaknya satu meter saat gunakan masker saat berinteraksi. Dan jangan lupa cuci tangan. Selamat Idulfitri!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper