Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kim Jong Un Instruksikan Penguatan Sistem Militer Antinuklir

Kim Jong Un memerintahkan para pemimpin militer di negaranya untuk memperkuat sistem keamanan militernya untuk mengantisipasi perang nuklir.
Asteria Desi Kartika Sari
Asteria Desi Kartika Sari - Bisnis.com 24 Mei 2020  |  13:27 WIB
Kim Jong Un - istimewa
Kim Jong Un - istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un memerintahkan para pemimpin militer untuk meningkatkan kemapuan militernya guna mengantisipasi adanya perang nuklir.

Berdasarkan laporan Kantor Berita Pusat Korea seperti dikutip Bloomberg Minggu (24/5/2020), pertemuan Komisi Militer Pusat Ketujuh dari Partai Buruh Korea membahas penempatan pasukan bersenjata strategis negara itu dalam siaga tinggi, dan meningkatkan daya tahan tentara.

Dalam pembahasan tersebut, Kim Jong Un berbicara tentang perlunya memperbaiki peralatan dan perlengkapan militer nasional. Dia menambahkan bahwa masalah itu membuat negara lebih sulit untuk mempertahankan diri dari pasukan asing.

Di sisi lain, media pemerintah juga merilis foto-foto Kim yang hadir di pertemuan itu. Salah satu fotonya adalah ketika Kim berdiri di depan papan presentasi dengan penunjuk putih panjang yang mengarah ke sesuatu yang tampak seperti foto hitam-putih buram.

Laporan itu adalah konfirmasi pertama yang jelas dari kegiatan Kim di Korea Utara sejak dia difoto pada upacara May Day dan pembukaan pabrik pupuk pada tanggal 1 Mei 2020.

Sebelumnya, banyak pihak berspekulasi mengenai kondisi kesehatan dari Kim lantaran dia tidak hadir dalam acara tahunan untuk merayakan ulang tahun Kim Il Sung, kakek Kim Jong-un sekaligus pendiri Korea Utara, pada 15 April lalu.

Para pejabat AS sempat mengklaim mereka diberi tahu jika Kim, 36, berada dalam kondisi kritis setelah menjalani prosedur operasi kardiovaskular. Seorang penasihat kebijakan luar negeri Korea Selatan kemudian mengatakan Kim Jong-un justru dalam kondisi sehat.

Jejak kesehatan Kim Jong-un telah menjadi perhatian umum selama bertahun-tahun. Sebaliknya, kondisi kesehatan pemimpin adalah salah satu rahasia Korea Utara yang paling dijaga ketat.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

nuklir korut kim jong un
Editor : Yustinus Andri DP
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top