Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Fadjroel Rachman: Tidak Ada Open House Idulfitri di Istana Presiden, Wakil Presiden, dan Kementerian

Juru Bicara Presiden RI Fadjroel Rachman menuturkan tidak ada penyelenggaraan open house Hari Raya Idulfitri 1441 H di Istana Presiden dan Wakil Presiden selama penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) masih berlangsung.
Nyoman Ary Wahyudi
Nyoman Ary Wahyudi - Bisnis.com 22 Mei 2020  |  20:40 WIB
Fadjroel Rahman seusai bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (21/10/2019) - Bisnis/Amanda Kusumawardhani
Fadjroel Rahman seusai bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (21/10/2019) - Bisnis/Amanda Kusumawardhani

Bisnis.com, JAKARTA - Juru Bicara Presiden RI Fadjroel Rachman menuturkan tidak ada penyelenggaraan open house Hari Raya Idulfitri 1441 H di Istana Presiden dan Wakil Presiden selama penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) masih berlangsung.

“Demikian pula tidak ada penyelenggaraan open house Hari Raya Idul Fitri 1441 H di kantor Kementerian dan Lembaga, termasuk juga di rumah para Menteri dan Kepala Lembaga di manapun selama berlakunya PSBB,” kata Fadjroel melalui keterangan tertulis yang diterima Bisnis, Jakarta, pada Jumat (22/5/2020).

Imbauan itu, menurutnya, berdasar pada arahan Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang disampaikan melalui Mensesneg Pratikno.

Kementerian Agama mengabarkan bahwa awal bulan Syawwal 1441 H jatuh pada hari Minggu, 24 Mei 2020.

Hal itu dikabarkan Kemenag setelah menggelar Sidang Isbat (penetapan) awal bulan Syawal 1441H, Jumat, (22/5/2020). Menteri Agama Fachrul Razi memimpin langsung sidang isbat tersebut. 

Dia menjelaskan ketinggian hilal di seluruh wilayah Indonesia berada pada posisi di bawah ufuk.

"Ini adalah posisi hilal berdasarkan hisab," terang Menag Fachrul, Jumat (22/5/2020).

Hasil sidang isbat, sambung Menag Fachrul, menyatakan bahwa Idulfitri 2020 jatuh pada hari Minggu, (24/5/2020).

"Dari 80 titik, semua melaporkan tidak melihat hilal. Oleh karenanya, Sidang Isbat secara bulat menyatakan 1 Syawwal 1441 H jatuh pada hari Minggu, 24 Mei 2020," tegasnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

idulfitri covid-19 Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB)
Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top