Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Jokowi Tekankan Indonesia Harus Ciptakan Vaksin Covid-19

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menegaskan Indonesia harus mampu menghasilkan sendiri vaksin Covid-19 untuk melawan pandemi Covid-19.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 20 Mei 2020  |  12:47 WIB
Ilustrasi dokter akan menyuntikkan vaksin - istimewa
Ilustrasi dokter akan menyuntikkan vaksin - istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menegaskan Indonesia harus mampu menghasilkan sendiri vaksin Covid-19 untuk melawan pandemi Covid-19.

“Kita juga harus mampu menghasilkan vaksin sendiri,” katanya saat peluncuran virtual produk inovasi, teknologi dan riset percepatan penanganan Covid-19, Rabu (20/5/2020).

Presiden menjelaskan lembaga Eijkman hingga kini telah memiliki data tujuh urutan genom lengkap virus corona SARS-CoV-2 untuk pengembangan vaksin. Jokowi senang dengan kinerja komunitas peneliti yang bekerja untuk pengobatan Covid-19.

Di sisi lain, Jokowi berharap seluruh produk inovasi, riset dan teknologi hasil anak bangsa terkait Covid-19 dapat diproduksi secara massal tidak hanya prototipe.

“Karya itu jangan berhenti di laboratorium dan sebatas prototipe dan harus diproduksi secara massal untuk memenuhi kebutuhan domestik dan bisa diekspor,” ujarnya.

Sementara itu, Presiden juga meminta kerja sama seluruh pihak untuk menyukseskan produksi massal alat untuk penanganan pandemi tersebut.

Dia meminta, dunia industri berani berinvestasi pada produk tersebut. Apalagi pengembangan ini untuk memajukan produk karya anak bangsa.

“Kita harus bangga dengan buatan Indonesia, mari kita memperbaiki ekosistem bagi berkembangnya inovasi industrialisasi dan mentalitas bangsa kepada produk dalam negeri,” tuturnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi vaksin covid-19
Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

Foto

BisnisRegional

To top