Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sah, Yudo Margono KSAL dan Fadjar Prasetyo KSAU

Presiden Joko Widodo atau Jokowi melantik Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono dan (KSAU) Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Fadjar Prasetyo di Istana Negara, Jakarta, Rabu (20/5/2020).
Pelantikan KSAL dan KSAU, Istana Negara, 20 Mei 2020
Pelantikan KSAL dan KSAU, Istana Negara, 20 Mei 2020

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo atau Jokowi melantik Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono dan (KSAU) Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Fadjar Prasetyo di Istana Negara, Jakarta, Rabu (20/5/2020).

KSAL Laksanamana TNI Yudo Margono menggantikan kepemimpinan yang sebelumnya dipegang oleh Laksamana TNI Siwi Sukma. Nama terakhir memasuki masa pensiun mulai bulan ini.

Adapun KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo menggantikan jabatan yang sebelumnya dipimpin oleh Marsekal TNI Yuyu Sutisna. Yuyu diketahui akan memasuki masa pensiun mulai Juni 2020.

Presiden Joko Widodo melantik langsung dua pejabat tersebut. Upacara pelantikan dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan pembacaan keputusan Presiden tentang pelantikan tersebut.

Keduanya kemudian diambil sumpah jabatan dengan mengulangi kalimat yang diucapkan Joko Widodo. Usai prosesi itu, dua pejabat ini menandatangani berita acara pelantikan.

“Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja sebaik-baiknya dan dengan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan menjunjung tinggi sumpah prajurit,” ucap keduanya mengulangi kalimat Presiden saat pengambilan sumpah.

Pelantikan itu mengacu pada Keputusan Presiden nomer 32 dan 33 TNI Tahun 2020 Tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala Staf Angkatan Laut serta kepala staf angkatan udara, dan keputusan Presiden nomer 34 dan 35 TNI Tahun 2020 tentang kenaikan pangkat dalam golongan tinggi TNI.

Sementara itu, Laksamana TNI Siwi Sukma dan Marsekal TNI Yuyu Sutisna diberhentikan dengan hormat dari jabatan tersebut. Negara mengapresiasi kinerja keduanya atas pengabdian baik sebagai KSAL maupun KSAU.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rayful Mudassir
Editor : Nancy Junita

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper