Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kedubes Inggris Danai Proyek Kesehatan Digital di Jawa Barat

Proyek ini akan memberikan akses internet berbasis komunitas di Kasepuhan Ciptagelar, dan juga memperbaiki literasi digital untuk penguatan kapasitas komunitas lokal.
Ratu Elizabeth/Reuters
Ratu Elizabeth/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Kedutaan Besar Inggris di Jakarta bersama dengan organisasi mitra lokal Common Room Network Foundation meluncurkan proyek akses internet berbasis komunitas senilai £190,000 atau Rp3,5 miliar selama dua tahun untuk daerah terpencil di Kasepuhan Ciptagelar, Jawa Barat.

Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste Owen Jenkins hari ini meluncurkan proyek tersebut melalui pertemuan virtual dengan Gustaff Iskandar, Direktur dan pendiri Common Room Network Foundation.

"Pada awalnya, kami telah memulai proyek ini bersama Common Room Network Foundation dan saat ini kami akan melakukan penyesuaian sedikit, sehingga pesan penting mengenai kesehatan yang disampaikan melalui media tradisional dan digital dapat menjangkau semua orang. Kami berharap bahwa setelah ini, kita dapat memastikan bahwa seluruh komunitas mendapatkan manfaat penuh dari internet," Kata Owen Jenkins dalam keterangan tertulis, Senin (18/5/2020).

Dalam jangka panjang, proyek ini akan memberikan akses internet berbasis komunitas di Kasepuhan Ciptagelar, dan juga memperbaiki literasi digital untuk penguatan kapasitas komunitas lokal.

Common Room bertujuan untuk mengembangkan model yang operasional dan dapat diterima di berbagai komunitas lokal di Indonesia. Peluncuran kerjasama ini bisa menjadi langkah awal untuk merealisasikan visi tersebut, dengan memastikan bahwa setiap orang Indonesia, dalam kondisi seterpencil apapun, tetap memiliki akses internet.

Sementara itu, dalam jangka pendek proyek ini disesuaikan juga untuk membantu melawan Covid-19, dimana penyampaian informasi kesehatan yang penting kepada semua orang perlu dilakukan secepat mungkin, dalam bahasa lokal yang mereka pahami.

Langkah ini bisa menyelamatkan nyawa dan komunitas terpencil ini dari dampak pandemi yang lebih besar.

Kegiatan yang disepakati antara Kedutaan Besar Inggris Jakarta dan Common Room mencakup produksi konten media digital dan konvensional sebagai sarana untuk memberikan informasi mengenai Covid-19 yang kredibel dalam bahasa lokal

serta pendekatan budaya yang mudah dipahami oleh masyarakat setempat. Saat ini sebuah buku elektronik berbahasa Sunda telah diproduksi dan akan disebarluaskan ke seluruh Jawa Barat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Reni Lestari
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper