Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Penanganan Covid-19, PBB Beri Bantuan US$2 Juta ke Indonesia

Dibandingkan negara lainnya, Indonesia mendapatkan suntikan dana terbesar yakni US$2 juta.
Nindya Aldila
Nindya Aldila - Bisnis.com 14 Mei 2020  |  20:04 WIB
Petugas medis mengenakan alat pelindung diri mendorong ranjang beroda tempat pasien berstatus dalam pengawasan corona menuju ruang isolasi RSUD dr. Iskak di Tulungagung, Jawa Timur, pada Jumat (13/3/2020). - Antara
Petugas medis mengenakan alat pelindung diri mendorong ranjang beroda tempat pasien berstatus dalam pengawasan corona menuju ruang isolasi RSUD dr. Iskak di Tulungagung, Jawa Timur, pada Jumat (13/3/2020). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Indonesia mendapatkan suntikan US$2 juta dari dana respons Covid-19 PBB atau UN COVID-19 Response and Recovery Fund. Hal itu seperti dilaporkan oleh United Nations Development Group, Kamis (14/5/2020).

Adapun, negara lainnya yang mendapatkan suntikan dana di antaranya adalah Guatemala, Malawi, Moldova, Timor Leste, Micronesia, Vanuatu, Cape Verde. Negara-negara tersebut dinilai menjadi negara yang terdisrupsi ekonominya oleh Covid-19.

Dibandingkan negara lainnya, Indonesia mendapatkan suntikan dana terbesar yakni US$2 juta melalui program Melindungi Masyarakat: Program Mendukung Pemerintah Indonesia dan Pemangku Kepentingan untuk Meningkatkan Perlindungan Sosial Inklusif Dalam Merespons Covid-19.

Untuk Indonesia, dana ini akan disalurkan melalui sejumlah organisasi internasional di bawah PBB, di antaranya UNWOMEN (United Nations Entity for Gender Equality and the Empowerment of Women), WFP (World Food Programe), UNDP (United Nations Development Programe), dan UNICEF (United Nations Children Fund).

Secara beturut-turut, dana yang akan disuntikkan kepada sejumlah organisasi tersebut senilai US$270.000, US$450.000, US$600.000, US$680.000. Dana tersebut sudah ditransfer pada 11 Mei 2020.

Dikutip dari laman resminya, UN Covid-19 Response and Recovery Fund dalam hal ini UN Covid-19 Response and Recovery Multi-Partner Trust Fund (COVID-19 MPTF) adalah mekanisme keuangan antar-badan PBB yang diluncurkan oleh Sekretaris Jenderal PBB untuk mendukung negara-negara program berpenghasilan rendah dan menengah dalam mengatasi krisis kesehatan dan pembangunan yang disebabkan oleh pandemi Covid-19.

“Dana ini memanfaatkan keahlian kritis dan kapasitas Badan PBB untuk memanfaatkan sumber daya sektor publik dan swasta, dan menawarkan pendekatan seluruh pemerintah dan seluruh masyarakat untuk membantu menutup kesenjangan,” seperti dikutip dari laman resmi UNDP.

Dana ini dikontribusi oleh empat negara yakni Belanda, Norwegia, Swiss, Denmark dengan total senilai US$46,50 juta.

Bantuan ini menyasar mereka yang paling rentan terhadap kesulitan ekonomi dan gangguan sosial. Tujuan dari bantuan ini adalah menanggulangi darurat kesehatan, dampak sosial dan ekonomi, dan membantu negara-negara dalam masa pemulihan yang lebih baik.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pbb Virus Corona covid-19
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top