Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ditjen PPKL KLHK Ikut Peduli di Tengah Pandemi Corona

Imbauan Presiden Joko Widodo agar semua kalangan baik kementerian atau lembaga dan seluruh elemen masyarakat bergotong royong membantu mengatasi dampak wabah virus Corona (Covid-19) kini terus berjalan di tengah masyarakat.
Perwakilan Ditjen PPKL memberikan dukungan dan bantuan untuk pengendalian wabah Covid-19 kepada masyarakat dengan memberikan bantuan logistik kepada masyarakat melalui Yayasan Kumala dan Yayasan Sahabat Ciliwung, Selasa (12/5/2020)./Istimewa
Perwakilan Ditjen PPKL memberikan dukungan dan bantuan untuk pengendalian wabah Covid-19 kepada masyarakat dengan memberikan bantuan logistik kepada masyarakat melalui Yayasan Kumala dan Yayasan Sahabat Ciliwung, Selasa (12/5/2020)./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Imbauan Presiden Joko Widodo agar semua kalangan baik kementerian atau lembaga dan seluruh elemen masyarakat bergotong royong membantu mengatasi dampak wabah virus Corona (Covid-19) kini terus berjalan di tengah masyarakat.

Kekuatan gotong royong semua pihak inilah dinilai akan membantu Indonesia keluar dari krisis akibat wabah virus Corona.

Direktorat Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (Ditjen PPKL) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) tak ketinggalan, turut berkontribusi dalam meringankan beban masyarakat terdampak.

Perwakilan Ditjen PPKL memberikan dukungan dan bantuan untuk pengendalian wabah Covid-19 kepada masyarakat dengan memberikan bantuan logistik kepada masyarakat melalui Yayasan Kumala dan Yayasan Sahabat Ciliwung, Selasa (12/5/2020).

Bantuan yang diberikan berbentuk beras sebanyak 200 kg, sabun cuci tangan sebanyak 6.336 buah, suplemen vitamin sebanyak 10.080 buah, serta masker kain sebanyak 15.000 buah.

Langkah itu diharapkan dapat mengurangi beban kebutuhan pokok selama Ramadan dan perlindungan diri dari pandemi Covid-19.

Penyerahan dilakukan oleh perwakilan Ditjen PPKL KLHK kepada Ketua Yayasan Sahabat Ciliwung dan Yayasan Kumala, serta perwakilan masyarakat di kantor sekretariat komunitas.

Selanjutnya bantuan akan disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan yang sudah didata oleh komunitas, seperti dapur umum, tuna wisma, dan anak jalanan.

Direktur Jenderal PPKL KLHK, M.R. Karliansyah mengatakan pihaknya bersyukur dapat membantu masyarakat terdampak Covid-19.

Bukan kali ini saja, beberapa waktu lalu juga Ditjen PPKL KLHK telah menyalurkan bantuan sabun, masker, menyemprotkan disinfektan ke sejumlah tempat di Jakarta dan Tangerang Selatan.

Selain itu, Dirjen PPKL juga mengungkapkan bahwa bentuk kepedulian seperti ini adalah komitmen Ditjen PPKL KLHK untuk membantu masyarakat yang membutuhkan dan terdampak.

“Kegiatan ini sebagai solidaritas dan empati sesama manusia untuk membantu seluruh warga terdampak Covid-19. Diharapkan menjadi contoh baik sehingga yang lain dapat juga bergerak bersama untuk mengatasi dampak sosial ekonomi akibat Covid-19,” katanya.

Karliansyah juga mengatakan tujuan kegiatan saat ini adalah menitipkan bantuan kepada komunitas yang tepat sehingga bantuan diberikan juga tepat sasaran.

“Perlu adanya kerja sama antar berbagai pihak agar kebijakan pemerintah dapat terealisasikan dengan baik, sehingga kondisi ekonomi masyarakat bisa terselamatkan. Karena dengan adanya bantuan pemerintah dan pihak yang lainnya, menjadi harapan sebagaian besar masyarakat yang sudah kehilangan penghasilannya. Agar masyarakat tetap bisa memenuhi kebutuhan sehari-harinya selama masa pandemi Covid-19 berlangsung.”

Bantuan kepada masyarakat telah dilaksanakan oleh Ditjen PPKL sejak awal sebagai bukti komitmen pemerintah terhadap kondisi pandemik Covid-19.

Ditjen PPKL telah aktif mengkampanyekan gerakan bersih cuci tangan dan penyemprotan disinfektan organik. Kegiatan ini merupakan kolaborasi aktif bersama dengan dunia usaha, tercatat sudah ada beberapa asosiasi dan perusahaan terlibat dan mendukung kegiatan ini, seperti Gapki, PT Wings Group, PT Musim Mas, PT Pertamina (Persero), PT Pertamina EP, Adaro Indonesia, PT Sido Muncul, PT Pupuk Indonesia, PT Pupuk Kaltim, dan PT Freeport.

Pemberian paket bantuan dilakukan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku sehingga diberikan dengan diantar ke rumah masing-masing warga yang terdampak Covid-19. Warga terdampak yang menerima paket sembako sudah didata oleh komunitas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Herdiyan
Editor : Herdiyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper