Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Mendagri Harap Bekasi dan Karawang Buat Terobosan Hadapi Covid-19, Kenapa?

Melalui berbagai terobosan, para kepala daerah akan mampu mengatasi dan menyelamatkan masyarakat dari ancaman pemutusan hubungan kerja (PHK).
Thomas Mola
Thomas Mola - Bisnis.com 12 Mei 2020  |  19:50 WIB
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian memberikan keterangan pers usai melakukan koordinasi, di Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat, Rabu (18/3/2020). ANTARA FOTO - Novrian Arbi
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian memberikan keterangan pers usai melakukan koordinasi, di Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat, Rabu (18/3/2020). ANTARA FOTO - Novrian Arbi

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, meminta Bekasi Raya baik itu Kabupaten maupun Kota, dan Kabupaten Karawang untuk membuat terobosan terkait penanganan Covid-19. Pasalnya, Bekasi dan Karawang merupakan salah satu pusat industri yang penting bagi ekonomi nasional.

“Mohon nanti Bapak Bupati, Pak Walikota dan Wakil membuat terobosan-terobosan untuk Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, Karawang. Kalau terobosan itu positif, bisa menjadi di daerah-daerah lain,” ujarnya dalam keterangan resmi, Selasa (12/5/2020).

Tito mencontohkan beberapa negara yang telah melakukan terobosan terkait penanganan Covid-19. Vietnam misalnya, telah membuka pasar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dan menjaga jarak fisik antara satu sama lainnya.

Dia berharap melalui berbagai terobosan, para kepala daerah akan mampu mengatasi dan menyelamatkan masyarakat dari ancaman pemutusan hubungan kerja (PHK). Dengan catatan, tetap dilakukan pencegahan penularan Covid-19 dengan ketat.

"Kalau bisa terobosan, itu tadi, membuat pabrik bisa buka setelah PSBB selesai dan bisa menerapkan dengan bagus. Kita sudah tahu cara penularannya seperti apa dan matinya dengan cara apa, sebetulnya bisa dikelola,” jelasnya.

Tito menegaskan diperlukan terobosan untuk menjaga stabilitas ekonomi, tetapi dengan menjaga keselamatan dan kesehatan publik. Pasalnya, Bekasi dan Karawang adalah salah satu daerah ekonomi yang penting dalam supply chain and production chain, rantai produksi, rantai suplai, logistik nasional.

"Saya mengharapkan terobosan dari otoritas di Bekasi, Ibu Bupati Karawang, Bupati Bekasi dan semua unsur di dalamnya semua silakan berkreasi, berinovasi dengan misi seperti itu, mampu menekan Covid-19 sehingga akhirnya melandai atau menurun drastis, ditambah dengan kesiapan kita untuk membuka ekonomi kembali agar ekonomi kita bisa pulih dan bangkit,” imbuhnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bekasi karawang Virus Corona covid-19
Editor : Oktaviano DB Hana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top