Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

TNI Siagakan Pasukan Antisipasi Peristiwa Terburuk Akibat Corona

Itu adalah skenario terburuk. TNI, harus menyiapkan diri untuk segala kemungkinan, termasuk yang terburuk sekali pun.
Pasukan TNI yang bertugas di Papua/Istimewa
Pasukan TNI yang bertugas di Papua/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Tentara Nasional Indonesia (TNI) menyiapkan pasukan dalam menghadapi kemungkinan gejolak sosial karena dampak dari pandemi virus Corona (Covid-19).

"TNI selalu berpikiran yang terburuk yang harus disiapkan, terutama dalam kondisi krisis seperti sekarang ini," kata Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayor Jenderal Sisriadi di Jakarta, Selasa (28/4/2020).

Ia melihat ada sedikit pelambatan kurva perkembangan kasus Corona di Indonesia. Tetapi, kata dia, TNI belum yakin akan terjadi penurunan dalam jangka pendek. "Masih harus siapkan kondisi terburuk yang bisa terjadi," kata Sisriadi.

Persiapan yang dilakukan oleh TNI, kata dia, adalah 109 rumah sakit TNI di tiga matra, baik darat, laut dan udara.

"Sekarang dimulai peningkatan kapasitas kesehatan itu. Dan TNI telah mengajukan peningkatan anggaran di TNI dan Kementerian Pertahanan dengan meminta persetujuan dari anggota DPR," katanya.

Menurut dia, kondisi terburuk di bidang keamanan masalah pandemi Covid-19 ini tak semata-mata masalah kesehatan, tetapi juga ekonomi.

"Ketika masalah ekonomi yang menyentuh masyarakat pada akar rumput, ini berkaitan erat dengan masalah perut. Ketika masalah perut, maka bisa menjadi penyulut masalah keamanan yang lebih besar," ujarnya.

Untuk antisipasi ini, TNI sudah membuat rencana kemungkinan terburuk di bidang keamanan masyarakat saat pandemi Covid-19.

"Kami juga menyiapkan pasukan untuk menghadapi gejolak sosial yang mungkin bisa berdampak ke arah anarkis. Sehingga dampak keamanan bisa diperkecil ketika lebih siap lebih awal," kata Sisriadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Andya Dhyaksa
Sumber : Tempo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper