Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gugus Tugas Tingkatkan Informasi Satu Data Covid-19

Satu data itu, menurut dia, menjadi navigator dalam pembuatan suatu kebijkan pemerintah dengan keputusan yang tepat sasaran
Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19  Wiku Bakti Bawono Adi Sasmito. JIBI/Bisnis-Nancy Junita
Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Wiku Bakti Bawono Adi Sasmito. JIBI/Bisnis-Nancy Junita

Bisnis.com, JAKARTA - Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Wiku Bakti Adisasmito mengatakan pihaknya tengah meningkatkan sistem satu data terkait ketersediaan informasi Covid-19 di Indonesia.

“Sesuai dengan arahan presiden mengenai keterbukaan informasi dan data yang diintegrasikan di gugus tugas, sebagai negara kepulauan, maka diperlukan kolaborasi yang kuat baik di tingkat pusat hingga daerah, kabupaten, kota sampai dengan RT dan RW,” kata dia saat memberi keterangan pers di Graha Badan Nasional Penanggulanan Bencana (BNPB), Jakarta, pada Senin (27/4/2020).

Satu data itu, menurut dia, menjadi navigator dalam pembuatan suatu kebijkan pemerintah dengan keputusan yang tepat sasaran. Dalam perjalanannya, dia menerangkan, penerapan satu data bakal memerlukan dukungan banyak pihak.

“Selama sepekan ini kami telah berkoordinasi dengan berbagai kementerian dan lembaga terutama, Kementerian Kesehatan, Kementerian Komunikasi dan Informatika kemudian juga dengan TNI dan Polri, dengan gugus tugas di daerah,”ujarnya.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan semua data terkait virus Corona (Covid-19) dibeberkan ke publik. Jangan sampai kembali terdengar suara-suara yang masih meragukan data pemerintah.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Gugus Tugas Covid-19, Doni Monardo, usai rapat terbatas dengan Presiden Jokowi melalui video conference, Senin (20/4/2020).

“Bapak Presiden menekankan informasi, data tentang kejadian yang ada di seluruh daerah agar disampaikan ke publik apa adanya,” kata Doni.

Doni mengatakan saat ini seluruh informasi mengenai Covid-19 dapat dilihat di situs www.covid-19.go.id. Pemerintah secara rutin melakukan pembaruan, termasuk data kuantitatif pasien baru, meninggal dunia, dan sembuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper