Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Cegah Covid-19, Kurangi Konsultasi Medis ke RS Bila Tak Mendesak

Pemerintah berharap masyarakat memanfaatkan layanan telemedicine untuk melakukan konsultasi medis ketimbang ke rumah sakit.
Muhammad Khadafi
Muhammad Khadafi - Bisnis.com 26 April 2020  |  17:19 WIB
Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Achmad Yurianto memberikan keterangan pers di Graha BNPB, Jakarta, Kamis (19/3/2020). ANTARA FOTO - Aditya Pradana Putra
Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Achmad Yurianto memberikan keterangan pers di Graha BNPB, Jakarta, Kamis (19/3/2020). ANTARA FOTO - Aditya Pradana Putra

Bisnis.com, JAKARTA - Masyarakat diminta untuk mengurangi kunjungan ke rumah sakit untuk pemeriksaan medis yang tak terkait dengan virus corona atau Covid-19.

Hal itu diungkapkan juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19 Achmad Yurianto, Minggu (26/4/2020). Menurutnya, hal itu penting dilakukan untuk menutup peluang penularan wab penyakit tersebut.

"Mengurangi kunjungan rumah sakit untuk konsultasi medis yang tidak terkait dengan Covid-19. Ini penting bahwa masyarakat masih banyak menghadapi masalah kesehatan bukan hanya terkait penyakit menular tapi tidak menular," jelasnya.

Yuri mengatakan pemerintah berharap masyarakat memanfaatkan layanan telemedicine untuk melakukan konsultasi medis. "Gunakan teknologi, gunakan telemedicine agar tidak membuka peluang penularan."

Langkah itu merupakan satu dari sejumlah imbauan pemerintah agar masyarakat terhindar dari wabah tersebut. Yuri mengatakan langkah lain yang wajib dilakukan masyarakat adalah tetap tinggal di rumah.

Pasalnya, masyarakat tidak pernah tahu siapa yang membawa virus tersebut. Banyak orang, jelas dia, yang tanpa gangguan dan tanpa keluhan, tetapi membawa virus tersebut. Orang yang terinfeksi Covid-19, jelasnya, tidak bisa dibedakan secara fisik dengan orang normal lainnya.

"Langkah pertama yang bisa kita lakukan saat ini mencegah penularan adalah tinggal di rumah. Jangan mudik."

Selain itu, Yuri menegaskan bahwa masyarakat juga wajib untuk menggunakan masker bila terpaksa ke luar rumah. "Dan batasi bila ada di luar rumah. Lakukan kegiatan secepat mungkin dan kembali ke rumah," tegasnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona covid-19
Editor : Oktaviano DB Hana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top