Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Langkah-langkah Menemukan Sumber Penularan Virus Corona

Yuri memberi tips kepada masyarakat bagaimana menemukan sumber penularan virus Corona. Ada dua caranya.
Aziz Rahardyan
Aziz Rahardyan - Bisnis.com 24 April 2020  |  16:16 WIB
Petugas mengambil sampel lendir saat Tes PCR di Rumah Sakit Nasional Diponegoro (RSND) Undip Semarang, Rabu (22/4 - 2020). Foto: Istimewa
Petugas mengambil sampel lendir saat Tes PCR di Rumah Sakit Nasional Diponegoro (RSND) Undip Semarang, Rabu (22/4 - 2020). Foto: Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA Juru Bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19 Achmad Yurianto mengungkapkan bagaimana cara masyarakat dapat menemukan sumber penularan virus Corona (Covid-19).

Pertama, menurutnya, lakukan pemantauan pada setiap orang yang memiliki riwayat bepergian dari daerah epicenter. "Baik luar negeri atau wilayah-wilayah di dalam negeri. Kami mengimbau saudara-saudara sekalian yang berasal dari daerah epicenter untuk menyadari diri," ucap Yuri, dalam keteranan pers-nya, Jumat (24/4/2020).

Menurut Yuri, meskipun tidak ada sakit apapun, maupun hanya keluhan sakit ringan seperti batuk, demam yang tidak terlalu tinggi, baiknya tetap tinggal di rumah

Kedua, lanjutnya, penelusuran kontak atau kontak tracing dari pasien yang telah dirawat atau terkonfirmasi positif. Baik dirawat di RS maupun melakukan isolasi diri di rumah. Maka, mencegah tertularnya Covid-19 ini penting. Tetap tinggal di rumah adalah jawabannya, menurut Yuri.

"Untuk umat muslim yang kini sedang menjalankan ibadah puasa, baiknya laksanakan Ramadan bersama keluarga. Karena di luar rumah kita tidak tahu siapa yang membawa virus. Banyak orang tanpa gangguan yang tidak bida kita bedakan dengan mata biasa," katanya.

Oleh sebab itu, Yuri mengingatkan masyarakat jangan sampai mudik. Karena berpotensi tertular di jalan, atau menularkan Covid-19 ke kerabat di rumah.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona covid-19
Editor : Andya Dhyaksa
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top