Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gandeng UNICEF, Kemendikbud Evaluasi Program Belajar di Rumah

Evaluasi program Belajar di Rumah dijalankan melalui survei menggunakan sms dan formulir dalam jaringan (daring) secara berkala selama tiga bulan.
Seorang siwa tengah mengerjakan tugas sekolah dari rumah di Bandung./Bisnis-Dea Andriyawan
Seorang siwa tengah mengerjakan tugas sekolah dari rumah di Bandung./Bisnis-Dea Andriyawan

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bekerja sama dengan UNICEF melakukan evaluasi program Belajar di Rumah melalui survei menggunakan sms dan formulir dalam jaringan (daring). Evaluasi ini akan dilakukan secara berkala selama tiga bulan.

Kepala Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat Evy Mulyani mengungkapkan bahwa masyarakat dapat menemukan jadwal acara serta panduan program Belajar dari Rumah di laman kemdikbud.go.id.. Kemendikbud, jelas dia, menyebarkan formulir daring untuk mendapatkan masukan atas pelaksanaan program Belajar dari Rumah.

“Sms kita sebar kepada sekitar 3.000 responden guru diprioritaskan di wilayah terdepan, terluar, dan tertinggal. Bapak dan ibu guru bisa mengisi survei melalui telepon seluler mereka. Tenang saja, tidak dikenakan biaya alias mengisi survei ini gratis," ujar Evy Mulyani ujarnya dalam keterangan resmi, Selasa (21/4/2020).

Selain guru, survei daring juga meminta masukan dari orang tua dan murid. "Setiap minggunya kita bagikan jadwal acara dan panduan Belajar dari Rumah yang bisa membantu para guru dan orang tua dalam membimbing putra putrinya," katanya.

Seperti diketahui, program Belajar di Rumah yang ditayangan TVRI sudah memasuki minggu kedua. TVRI sudah menyiapkan berbagai acara menarik dan menyenangkan untuk menemani belajar di rumah.

Anak-anak akan disajikan dengan berbagai alternatif program pembelajaran dari rumah, yang dimulai dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB. Dengan masing-masing program berdurasi setengah jam.

Pada pukul 08.00 WIB hingga 08.30 ada Program Jalan Sesama untuk siswa-siswi PAUD sederajat. Dilanjutkan Program Sahabat Pelangi pada pukul 08.30 WIB hingga 09.00 WIB yang diperuntukkan untuk siswa SD kelas 1 hingga kelas 3.

Bagi siswa-siswi kelas 4 hingga 6 SD, akan ada Program Gemar Matematika : Sudut yang tayang pada pukul 09.00 WIB hingga 09.30 WIB. Pada pukul 09.30 WIB hingga pukul 10.00 WIB ada program Tokoh-Tokoh Indonesia yang di peruntukkan untuk siswa-siswi SMP dan sederajat.

Pukul 10.00 WIB hingga 10.30 WIB ada Program Trigonometri yang membahas sudut istimewa dan dan segitiga siku-siku, dan di peruntukkan untuk siswa-siswi SMA/SMK. Tidak hanya untuk siswa-siswi sekolah, TVRI juga menyiapkan program bagi orang tua dan guru yang bernama Keluarga Indonesia Belajar dirumah, yang dimulai pada pukul 10.30 WIB hingga 11.00 WIB.

Terakhir pada pukul 19.00 WIB hingga 21.00 ada Film anak berjudul Tanah Cita-Cita yang menjadi penutup rangkaian program belajar di rumah hari ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Devi Sri Mulyani
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper