Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Novartis AG Akan Lakukan Studi Uji Obat Virus Corona

Produsen obat asal Swiss, Novartis berharap hasil uji coba dapat keluar paling cepat pada awal musim panas.
Aktivitas di salah satu Laboratorium yang ada di Kalimantan Tengah,  Rabu (11/5). Bisnis/Nurul Hidayat
Aktivitas di salah satu Laboratorium yang ada di Kalimantan Tengah, Rabu (11/5). Bisnis/Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA - Novartis AG akan menjalankan studi di AS terhadap hidroklorokuin untuk pengobatan Covid-19, upaya terbaru guna menentukan apakah obat malaria ini dapat membantu melawan pandemi.

Obat malaria berusia 65 tahun itu akan diuji terhadap plasebo dan dalam kombinasi dengan antibiotik azithromycin dalam sebuah penelitian terhadap sekitar 440 pasien yang dirawat di rumah sakit.

Dilansir melalui Bloomberg, produsen obat asal Swiss itu berharap hasil uji coba dapat keluar paling cepat pada awal musim panas.

"Kita benar-benar perlu mencari tahu apakah hidroklorokuin adalah pengobatan yang efektif untuk Covid-19 dan menjawab pertanyaan secara ilmiah," kata kepala pengembangan obat global Novartis, John Tsai, seperti dikutip melalui Bloomberg, Senin (20/4/2020).

Novartis akan merekrut pasien Covid-19 dengan gejala sedang hingga berat untuk penelitian di mana baik pasien maupun dokter tidak tahu siapa yang menerima obat, kunci untuk menghilangkan bias.

Produsen obat yang berbasis di Basel, Swiss, tersebut juga akan menguji kadar dosis dalam takaran yang dinilai tepat untuk pasien. Mereka berencana untuk menguji dosis 600 miligram pada hari pertama perawatan dan dilanjutkan dengan dosis 200 miligram tiga kali sehari.

"Semakin cepat kita dapat merekrut pasien, semakin cepat kita akan mendapatkan hasilnya, jadi kita akan bergerak sangat cepat dalam hal mendapatkan umpan balik tentang ini," kata Tsai.

Permintaan hidroklorokuin yang murah dan dapat diproduksi oleh produsen obat manapun terus melonjak.

Sanofi SA sebelumnya mengatakan bahwa perusahaan akan menyumbangkan 100 juta dosis hidroklorokuin ke 50 negara.

Sementara Novartis berjanji menyumbangkan hingga 130 juta tablet untuk memasok upaya penelitian klinis global dan membuat kekayaan intelektual tersedia jika obat terbukti efektif melawan Covid-19.

Novartis juga mengatakan bahwa mereka dapat menguji dua obat baru terhadap virus corona yakni obat anti-inflamasi canakinumab dan ruxolitinib, yang biasa digunakan untuk pengobatan gangguan sumsum tulang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper