Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ada Spiderman di PSBB Hari Pertama Kota Tangerang

Di hari pertama pemberlakuan, Sabtu (18/04/2020),  Di cek poin Palem Semi, ada seorang superhero Spiderman, yang diketahui adalah relawan Rumah Zakat yang ikut menegur atau mengingatkan para pengendara untuk patuh mengikuti aturan PSBB yang diberlakukan. 
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 19 April 2020  |  13:00 WIB
Spiderman memakaikan masker
Spiderman memakaikan masker

Bisnis.com, JAKARTA - Manusia laba-laba alias Spiderman ikut turun dalam pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang diterapkan Kota Tangerang.

Di hari pertama pemberlakuan, Sabtu (18/04/2020),  Di cek poin Palem Semi, ada seorang superhero Spiderman, yang diketahui adalah relawan Rumah Zakat yang ikut menegur atau mengingatkan para pengendara untuk patuh mengikuti aturan PSBB yang diberlakukan. 

Dengan tingkahnya yang cepat, energik namun tegas, pengendara roda dua yang masih berboncengan langsung diberhentikan dan ditegur oleh Spiderman. Tak sampai disitu, dengan karakter penolong, pengendara yang tidak membawa masker, Spiderman dengan cekatan memberikan masker gratis dan memakaikannya. 

“Kami dari relawan Rumah Zakat, Liga Mas berkeliling di titik check point yang ada. Kami bergabung sebentar dengan petugas lapangan untuk mengimbau, menegur mereka yang masih melanggar. Pakai baju Spiderman ini agar menarik perhatian serta menjadi salah satu aksi humanis bagi masyarakat di tengah pandemi ini,” kata Yoga, salah seorang Koordinator Rumah Zakat dikutip dari laman resmi Kota Tangerang.

Kata Yoga, Rumah Zakat berharap dengan kegiatan ini bisa sedikit membantu Pemerintah untuk menegakkan aturan selama PSBB dengan cara yang berbeda.

“Terlebih, masyarakat juga bisa lebih merasa nyaman dengan peneguran ala Spiderman. Kalau Polisi atau TNI kadang kan mereka takut, di sini kami bersama-sama mengimbau untuk semua taat aturan, biar semua sehat, dan Kota Tangerang cepat pulih,” katanya. 

Diketahui, Spiderman berkeliling di 15 titik check point penerapan PSBB di Kota Tangerang. Tak menutup kemungkinan akan terus bersosialisasi PSBB ala Spiderman hingga PSBB berakhir di Kota Tangerang.

Sementara itu, Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah, bersama jajaran Forkopimda melakukan patroli ke sejumlah titik check point. Memantau dan memastikan secara langsung pelaksanaan PSBB di Kota Tangerang. Tak terkecuali, di kalangan industri yang tak luput dari pantauan. 

“Kami mengecek bagaimana situasi pelaksanaan PSBBB. Alhamdulillah, kami lihat pengendara sudah banyak yang patuh dan mengerti apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan selama PSBB berlangsung. Walau masih ada yang melanggar, petugas kami langsung menegur dan melakukan pengecekan lebih lanjut,” ungkap Arief, saat di titiki check poin Palem Semi. 

Wali Kota pun berharap, kepatuhan ini bisa terus berlangsung hingga PSBB berakhir. Sehingga, penerapan PSBB bisa sukses mengurangi dan memutus penyebaran virus. Ia pun tetap mengimbau masyarakat yang patuh di rumah saja, untuk tetap rutin menerapkan PHBS agar virus Corona bisa segera pergi dari Indonesia khususnya Kota Tangerang. 

“Industri yang diperbolehkan beraktivitas seperti biasanya, sudah menerapkan aturan. Melakukan pengecekan suhu tubuh, menggunakan masker, pegawai tak boleh makan di luar pabrik, dan aturan kebersihan lainnya. Masyarakat yang di rumah saja, semoga juga bisa lebih ketat dalam penerapan PHBS sehingga semua bergerak tanpa terkecuali memberantas Covid-19,” ujarnya. 

Dirinya juga berterima kasih, atas partisipasi warga yang turut membantu para petugas di lapangan. Seperti yang dilakukan teman kita dari rumah zakat yang menggunakan kostum Spiderman untuk memberikan penjelasan kepada para pengendara yang diberhentikan karena tak patuhi aturan. “Sambil negur, spiderman ngasih masker ke pengendara yang ngk pake masker tuh. Terima kasih atas kontribusinya untuk sama-sama memutus rantai penyebaran Covid 19,” tutupnya seraya mengajak seluruh warga Kota Tangerang lainnya untuk sama-sama dan bekerja sama basmi Covid 19 dari Kota Tangerang.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tangerang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB)
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top