Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lapisan Es Greenland Mencair Ekstrim Tahun Lalu

Mereka menyatakan sebagian besar disebabkan oleh zona tekanan tinggi yang terus-menerus terjadi di wilayah tersebut.
Ilustrasi lapisan es
Ilustrasi lapisan es

Bisnis.com, JAKARTA - Para peneliti mengonfirmasi telah terjadi pencairan lapisan es secara dramatis di Greenland pada musim panas 2019.

Mereka menyatakan sebagian besar disebabkan oleh zona tekanan tinggi yang terus-menerus terjadi di wilayah tersebut.

Pencairan tahun lalu, mencatat rekor tertinggi sepanjang sejarah, dan jauh lebih cepat dari rata-rata dekade sebelumnya.

Angka menunjukkan bahwa pada bulan Juli 2019 saja permukaan es turun sebesar 197 gigaton atau setara dengan sekitar 80 juta kolam renang Olimpiade.

Sekarang para ahli telah memeriksa tingkat peleburan secara lebih rinci, mengungkapkan apa yang mendorongnya.

Yang terpenting, catatan tim, kondisi tekanan tinggi berlangsung selama 63 dari 92 hari musim panas pada tahun 2019, dibandingkan dengan rata-rata hanya 28 hari antara tahun 1981 dan 2010.

Situasi serupa terlihat pada tahun 2012, rekor tahun yang buruk untuk pencairan lapisan es. Tim mengatakan model iklim Panel Antarpemerintah tentang Perubahan Iklim (IPCC) belum memperhitungkan kondisi yang tidak biasa seperti itu.

Jika zona tekanan tinggi seperti itu menjadi fitur tahunan biasa, pencairan di masa depan bisa dua kali lebih tinggi dari perkiraan saat ini, dan berakibat  serius bagi kenaikan permukaan laut.

"Peristiwa melelehnya lapisan es ini adalah sinyal alarm yang baik bahwa kita sangat perlu mengubah cara hidup kita untuk menahan pemanasan global karena ada kemungkinan bahwa proyeksi IPCC bisa terlalu optimis untuk Kutub Utara," kata Dr Xavier Fettweis, co-penulis penelitian dari University of Liege,

Dia menambahkan bahwa kondisi atmosfer tidak mungkin turun ke variabilitas iklim alami dan dapat didorong oleh pemanasan global.

Dalam jurnal Cryosphere, Fettweis dan rekan penulisnya Marco Tedesco dari Lamont-Doherty Earth Observatory di Universitas Columbia melaporkan bagaimana mereka menggunakan data satelit, model iklim dan pola cuaca global untuk mengeksplorasi pencairan permukaan lapisan es.

Di antara temuan mereka, tim melaporkan bahwa hampir 96% dari lapisan es mengalami pencairan pada suatu waktu di tahun 2019, dibandingkan dengan rata-rata lebih dari 64% antara tahun 1981 dan 2010. Dengan menggunakan model, pasangan ini juga menemukan bahwa sekitar 560Gt limpasan air lelehan dihasilkan pada musim panas 2019.

Keseimbangan massa permukaan, jumlah es yang didapat dari hujan dan salju dikurangi jumlah yang hilang akibat limpasan air hujan dan penguapan, hanya 54Gt per tahun, sekitar 320Gt per tahun lebih rendah dari rata-rata di dekade sebelumnya.

Analisis lebih lanjut menunjukkan tingkat dan distribusi leleh yang terkait erat dengan sejumlah faktor, termasuk tingkat hujan salju dan pantulan sinar matahari yang dikenal sebagai albedo, serta kekeruhan dan penyerapan sinar matahari.

Semua ini, mereka perhatikan, dipengaruhi oleh zona tekanan tinggi yang persisten di atas lapisan es musim panas lalu. Dr Poul Christoffersen, ahli glasiologi di Scott Polar Research Institute di University of Cambridge, mencatat hanya pada 2012 yang memiliki limpasan air lelehan yang lebih tinggi dalam beberapa tahun terakhir.

"Jelas, ini menunjukkan bahwa peristiwa pencairan ekstrem menjadi jauh lebih sering," katanya,

"Dalam pengertian, tahun-tahun pencairan ekstrem dapat dilihat sebagai peristiwa alam yang diperburuk oleh perubahan iklim," kata Christoffersen.

Profesor Andy Shepherd dari University of Leeds mengatakan penurunan keseimbangan massa permukaan sangat memprihatinkan. "Jika itu turun di bawah nol, maka lapisan es tidak lagi layak karena di setiap tahun kehilangan es lebih banyak daripada keuntungan," katanya.

"Bahkan jika gletser berhenti mengalir, yang tidak akan terjadi, itu berarti bahwa lapisan es masih tidak dapat bertahan," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Express.co.uk
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper