Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Cegah Corona, Telemedicine Diusulkan Jadi Program Prioritas Nasional

Dengan ditetapkannya telemedicine sebagai program prioritas nasional, diharapkan jumlah masyarakat yang langsung datang ke RS untuk memeriksakan diri bisa berkurang sehingga dapat menekan risiko penyebaran virus Corona.
Muhammad Khadafi
Muhammad Khadafi - Bisnis.com 06 April 2020  |  14:14 WIB
Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Doni Monardo siap berperang melawan virus Corona (Covid-19) dan memutus mata rantai penyebaran pandemi global di Indonesia. - istimewa\n\n
Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Doni Monardo siap berperang melawan virus Corona (Covid-19) dan memutus mata rantai penyebaran pandemi global di Indonesia. - istimewa\\n\\n

Bisnis.com, JAKARTA – Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengusulkan agar telemedicine bisa menjadi program prioritas nasional.

Usulan tersebut disampaikan berdasarkan adanya laporan dari Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto ke Presiden Jokowi yang menyatakan bahwa saat ini telah terdaftar 15 juta pelanggan telemedicine. 

Telemedicine ini telah sangat membantu berkurangnya jumlah pasien yang datang ke RS. Kami juga berharap program dengan metode ini bisa menjadi program prioritas nasional,” ujar Doni ketika menyampaikan hasil rapat terbatas dengan Presiden Jokowi melalui konferensi video, Senin (6/4/2020). 

Dengan ditetapkannya telemedicine sebagai program prioritas nasional, maka diharapkan jumlah masyarakat yang langsung datang ke RS untuk memeriksakan diri bisa berkurang sehingga dapat menekan risiko penyebaran virus Corona semakin meluas. 

Lebih lanjut, Doni mengungkapkan saat ini masyarakat dapat memanfaatkan beberapa platform Unicorn yang sudah ada seperti Halodoc, Alodokter, Sehatpedia, dan beberapa platform lainnya. 

“Dengan metode seperti ini, masyarakat mampu berobat secara online dan bisa mendapatkan jenis obat sesuai dengan nasihat dan saran dari dokter,” imbuhnya. 

Selain itu, Doni juga mengimbau masyarakat melakukan karantina mandiri sesuai dengan arahan dan panduan dari dokter. Selama masa karantina, masyarakat juga diminta agar tidak stress demi menjaga imunitas. 

“Ada 2 poin dalam mengatasi Covid-19 yaitu masalah medis dan psikologis. Kalau masalah psikologis bisa dijaga maka imunitas masyarakat bangsa kita akan bagus dan lebih kuat dalam menghadapi Covid-19,” ungkapnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona telemedicine covid-19
Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top