Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ratu Elizabeth Sampaikan Pidato Khusus Terkait Virus Corona

Pidato semacam terhitung jarang dilakukan, tapi Ratu merasa harus disampaikan menyusul lebih dari 3.000 orang kehilangan nyawa karena virus corona.
Ratu Elizabeth/Reuters
Ratu Elizabeth/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Ratu Elizabeth akan berpidato di Inggris dan Persemakmuran dalam siaran televisi yang menjadi pidato khusus terkait virus corona.

Pidato semacam ini terhitung jarang dilakukan, tapi Ratu merasa harus disampaikan menyusul lebih dari 3.000 orang kehilangan nyawa karena virus corona.

Ratu Elizabeth yang saat ini dalam pengasingan diri di Windsor Castle, akan berbicara di televisi khusus kerajaan.

Pidato pra-rekamnya itu juga akan ditampilkan di saluran media sosial Keluarga Kerajaan.

Kepala Keluarga Kerajaan biasanya menyiarkan pesan yang direkam setiap tahun pada Hari Natal. Sedangkan pidato khusus sangat jarang dilakukan. Tercatat tiga kalo pidato semacam ini digelar yakni ketika ibunya meninggal dunia pada 2002 lalu, pemakaman Putri Diana pada tahun 1997 dan tentang Perang Teluk Pertama pada tahun 1991. 

Menjelang pemakaman Putri Diana, Ratu membuat keputusan yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk menyampaikan pidatonya secara langsung. Berbicara dari Istana Buckingham dengan latar belakang pemandangan kerumunan orang yang berduka di luar, dia menggambarkan mantan menantunya sebagai 'manusia yang luar biasa dan berbakat'.

Berpakaian serba hitam, dia menambahkan: “Di saat-saat baik dan buruk, dia tidak pernah kehilangan kemampuannya untuk tersenyum dan tertawa, atau untuk menginspirasi orang lain dengan kehangatan dan kebaikannya.”

Pada bulan Februari 1991, Ratu Elizabeth merekam pidato singkat yang disiarkan televisi kepada negara. selama Perang Teluk, ketika serangan sekutu darat dimulai terhadap pasukan Irak yang menduduki Kuwait.

Menyerukan bangsa untuk bersatu dan berdoa agar keberhasilan Angkatan Bersenjata akan 'secepat seperti itu', dia mengatakan dia berharap itu akan 'dicapai dengan biaya sekecil mungkin dalam kehidupan manusia dan penderitaan semaksimal mungkin'. 

Sehari sebelum pemakaman ibunya pada tahun 2002, sang Ratu berterima kasih kepada rakyat Inggris atas dukungan mereka dan 'cinta dan kehormatan' yang diperlihatkan kepada Ibu Suri.

Dia berkata: ‘Saya menganggap diri saya beruntung karena ibu saya diberkati dengan kehidupan yang panjang dan bahagia. “Dia memiliki semangat menular untuk hidup, dan ini tetap bersamanya sampai akhir.”

Sang Ratu juga dikenal memberikan pidato di saat-saat perayaan, terutama untuk menandai Berlian Jubilee-nya pada 2012. Dalam dua menit sebelum merekam pesan yang disiarkan televisi, dia mengatakan kepada bangsa itu dia sangat tersentuh oleh dukungan mereka dan berharap 'kenangan dari semua peristiwa bahagia tahun ini akan mencerahkan hidup kita selama bertahun-tahun yang akan datang'.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper