Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

6 Pasien Positif Corona di Bali Sembuh Total, Terpapar dari Luar Bali

Setelah menjalani proses perawatan secara medis, jumlah pasien yang berhasil sembuh dari Virus Corona atau Covid-19 di Provinsi Bali bertambah 6 orang, yakni 1 orang WNA dan 5 orang WNI.
Ilustrasi - Gambar Ruang Nusa Indah di RSUP Sanglah, Denpasar  Bali./Antara
Ilustrasi - Gambar Ruang Nusa Indah di RSUP Sanglah, Denpasar Bali./Antara

Bisnis.com, DENPASAR - Setelah menjalani proses perawatan secara medis, jumlah pasien yang berhasil sembuh dari Virus Corona atau Covid-19 di Provinsi Bali bertambah 6 orang, yakni 1 orang WNA dan 5 orang WNI.

Satgas Penanggulangan Covid-19 Dewa Made Indra mengatakan dengan bertambahnya jumlah pasien positif Covid-19 yang sembuh, sehingga sampai hari ini totalnya berjumlah 10 orang terdiri dari 2 WNA dan 8 WNI.

"Tambahan 6 orang positif yang merupakan WNI itu penularannya bukan dari transmisi lokal, namun terpapar saat mereka bepergian ke luar daerah Bali," katanya, Rabu (01/04/2020).

Indra menuturkan dengan bertambahnya pasien Covid-19 yang sembuh menumbuhkan keyakinan dan kepercayaan bahwa penyakit ini bisa disembuhkan.

"Kuncinya adalah disiplin menjaga kesehatan dan mengikuti prosedur karantina," tegas Sekda Bali ini.

Yang menarik, imbuhnya, dari enam orang tambahan pasien yang dinyatakan sembuh, dua di antaranya adalah mereka yang baru diumumkan positif.

"Jadi, dua orang ini dinyatakan positif dan sembuh dalam waktu yang bersamaan," tuturnya.

Dia menjelaskan hal ini terjadi karena penentuan status positif membutuhkan waktu dan alur yang cukup panjang. Meskipun uji sampel swab PDP sudah bisa dilakukan di RSUP Sanglah Denpasar, namun ketika hasilnya positif, tetap harus dibawa lagi ke lab rujukan di Jakarta. Namun untuk hasil uji Lab negatif, daerah bisa langsung mengumumkan.

"Selama menunggu hasil uji Lab di Jakarta, PDP mengalami proses penyembuhan. Inilah yang memungkinkan hasil tes positif dan kesembuhan pasien bisa diumumkan secara bersamaan," ungkapnya.

Untuk pekembangan kasus virus corona di Bali, sampai dengan saat ini kasus Pasien Dalam Pengawasan berjumlah 157 orang, dengan tambahan 2 orang terdiri dari 2 WNI. Dari 157 sampel yang telah diuji, telah keluar hasil sampel 136 orang yaitu 111 orang negatif, 25 orang positif.

"Berarti terdapat tambahan 14 orang negatif dan 6 orang WNI yang positif," imbuhnya.

Di sisi lain, Indra tetap menghimbau kepada masyarakat Bali untuk melanjutkan upaya pencegahan dengan tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan seperti menjaga jarak, meminimalisir aktifitas di luar rumah, meniadakan keramaian dan hiburan serta tetap menerapkan PHBS dengan rajin mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir.

"Selain itu masyarakat juga dihimbau agar tetap menggunakan masker ketika harus melakukan aktifitas di luar rumah," tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Luh Putu Sugiari
Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper