Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Aparatur Sipil Negara Dilarang Mudik selama Darurat Bencana Covid-19

Untuk mencegah dan meminimalisir penyebaran, serta mengurangi risiko Covid-19, ASN dan keluarganya untuk tidak melakukan kegiatan bepergian keluar daerah atau mudik selama masa berlakunya status keadaan tertentu darurat bencana
Devi Sri Mulyani
Devi Sri Mulyani - Bisnis.com 30 Maret 2020  |  14:13 WIB
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyampaikan pendapat saat rapat kerja dengan Komisi II DPR di gedung parlemen, Senayan Jakarta, Kamis (20/6/2019). - ANTARA/Nova Wahyudi
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyampaikan pendapat saat rapat kerja dengan Komisi II DPR di gedung parlemen, Senayan Jakarta, Kamis (20/6/2019). - ANTARA/Nova Wahyudi

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Tjahjo Kumolo mengeluarkan surat edaran terkait pembatasan kegiatan bepergian keluar daerah atau mudik bagi aparatur sipil negara (ASN), Pada Senin (30/3/2020).

Hal tersebut berpedoman pada keputusan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Nomor.13.A Tahun 2020 mengenai perpanjangan status keadaan tertentu darurat bencana akibat Covid-19 di Indonesia, yang menyatakan bahwa status darurat bencana berlaku sampai dengan tanggal 29 Mei 2020.

“Untuk mencegah dan meminimalisir penyebaran, serta mengurangi risiko Covid-19, ASN  dan keluarganya untuk tidak melakukan kegiatan bepergian keluar daerah atau mudik selama masa berlakunya status keadaan tertentu darurat bencana” Ujar Tjahjo Kumolo.

Selain itu, Tjahjo Kumolo juga mengimbau agar ASN bisa mengajak masyarakat di lingkungan tempat tinggalnya untuk tidak mudik dalam rangka Hari Raya Idulfitri 1441 Hijriyah, menjaga jarak aman ketika melakukan komunikasi antar individu atau social distancing, membantu meringankan Beban masyarakat yang lebih membutuhkan di sekitar tempat tinggalnya, serta menerapkan perilaku hidup sehat dan bersih.

Pemerintah menerapkan pelarangan mudik seiring semakin bertambahnya masyarakat yang positif virus SARS-Cov-2. Saat ini sudah ada 1.285 orang yang positif Covid-19. Diharapkan kebijakan ini bisa dilaksanakan sebaik - baiknya agar wabah Covid-19 tidak semakin menyebar luas di Indonesia.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Mudik Lebaran Virus Corona
Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top