Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

RSD Galang di Batam Tampung TKI Positif COVID-19

Rumah Sakit Darurat (RSD) Pulau Galang, Batam, Kepulauan Riau, akan digunakan untuk menampung tenaga kerja Indonesia (TKI) dari Malaysia yang dinyatakan positif COVID-19.
Proyek pembangunan ruang observasi dan isolasi pasien infeksi virus di Pulau Galang, Batam./Bisnis-Bobi Bani
Proyek pembangunan ruang observasi dan isolasi pasien infeksi virus di Pulau Galang, Batam./Bisnis-Bobi Bani

Bisnis.com, JAKARTA – Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I Laksamana Madya TNI Yudo Margono menyebutkan Rumah Sakit Darurat (RSD) Pulau Galang, Batam, Kepulauan Riau, akan digunakan untuk menampung tenaga kerja Indonesia (TKI) dari Malaysia yang dinyatakan positif COVID-19.

"Rumah Sakit Darurat Pulau Galang akan mulai dioperasikan pada Senin (30/3/2020), untuk menampung TKI dari Malaysia yang positif COVID-19," kata pada Kamis (26/3/2020).

Menurut dia, para TKI dari Malaysia yang mencapai ribuan orang itu sebelum dibawa ke Rumah Sakit Darurat Pulau Galang akan ditempatkan di Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau.

Ribuan TKI itu, kata mantan Pangkoarmada I ini, akan menjalani pemeriksaan kesehatan, mulai pemeriksaan suhu tubuh menggunakan thermal gun dan pemeriksaan dengan menggunakan alat rapid test COVID-19. "Jika hasilnya positif, maka akan dirawat di RSD Pulau Galang."

Pemeriksaannya akan dilakukan pada Senin (30/3/2020) nanti di bawah komando Pangdam I/Bukit Barisan Mayjen TNI M. Sabrar Fadhilah sebagai Panglima Komando Tugas Gabungan Terpadu (Kogasgabpad) Pulau Galang.

Sebelumnya dilaporkan, Pelabuhan Dumai akan menjadi lokasi kedatangan TKI yang pulang dari Malaysia. Para TKI itu kembali ke Tanah Air karena negeri jiran tersebut memberlakukan kebijakan lockdown akibat pandemi COVID-19.

"Jumlahnya saya belum tahu pasti, tapi kapasitas satu kapal di Dumai antara 200-300 (orang) satu hari. Tapi ini akan tiap hari karena sekarang kewalahan di Karimun, disana sampai ribuan. Ini kita saatnya bantu saudara-saudara kita," kata Gubernur Riau, Syamsuar, di Pekanbaru, Rabu (25/3/2020).

Dengan penyiapan Pelabuhan Dumai, dharapkan kepulangan TKI tidak lagi menumpuk di Pelabuhan Tanjung Balai Karimun. Pemulangan tersebut pun diharapkan dapat segera direalisasikan.

Dia mengaku sudah menggelar rapat dengan Forkopimda Riau, instansi, dan dinas terkait untuk melakukan persiapan dari segi pemeriksaan kesehatan dan pengamanan. Itu dilakukan karena Malaysia termasuk negara pandemi COVID-19.

Sementara itu, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengatakan pembangunan rumah sakit khusus untuk pengendalian infeksi penyakit menular, terutama COVID-19 di Pulau Galang, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau sudah mencapai 78 persen.

"Sampai saat ini pembangunan rumah sakit sudah mencapai 78 persen dan nantinya rumah sakit ini akan memiliki ruang observasi sebanyak 340 dan ruang isolasi sebanyak 20 unit," kata Panglima TNI saat meninjau rumah sakit itu di Pulau Galang, Rabu, seperti dikutip dalam siaran persnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper