Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Erick: RT/RW Sangat Penting untuk Cegah Penyebaran Covid-19

Ini sudah menjadi pandemi di seluruh dunia dan kita punya kekuatan sebagai bangsa yang saya yakini bisa kita lewati asal kita bergotong-royong.
Ruang instalasi gawat darurat di Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta./Antara
Ruang instalasi gawat darurat di Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta./Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri BUMN Erick Thohir berpandangan peran rukun tetangga (RT) dan rukun warga (RW) dalam mencegah penyebaran virus corona (COVID-19) di lingkungan masing-masing sangat penting.

"Saya juga memohon dengan hormat untuk rekan-rekan media juga dapat membantu untuk mengingatkan semua [ketua] RT/RW, camat, bupati, kepala daerah, untuk mulai bergerak di zona-nya masing masing. Saya yakin para pimpinan daerah ini juga bisa mencegah penyebaran COVID-19," ujar Menteri Erick melalui video konferensi di Jakarta pada Selasa (24/3/2020).

Dia mengutarakan dengan pencegahan secara bergotong-royong dari berbagai elemen masyarakat, maka diharapkan penyebaran COVID-19 dapat dicegah.

"Ini sudah menjadi pandemi di seluruh dunia dan kita punya kekuatan sebagai bangsa yang saya yakini bisa kita lewati asal kita bergotong-royong dan berpadu. Ini yang harus digulirkan dan masyarakat juga harus disiplin," ucapnya.

Menteri BUMN menyarankan agar orang dengan usia di atas 60 tahun untuk tetap berada di dalam rumah. Namun, bagi orang usia di bawah 60 tahun juga tetap disarankan berada di dalam rumah, terutama yang memiliki penyakit rentan seperti kanker, asma, atau diabetes. "Masing-masing juga harus bisa menjaga diri."

Saat ini, lanjut Erick, pemerintah sudah mengoperasikan Wisma Atlet sebagai rumah sakit darurat COVID-19 dalam rangka meminimalisasi kesulitan di rumah sakit rujukan.

"Keberadaan Wisma Atlet ini bukan gaya-gayaan, tetapi ini salah satu terobosan yang dilakukan oleh Presiden untuk memastikan ketika ada kesulitan di lapangan, banyak rumah sakit yang sudah penuh, maka ada alternatif lain," ujarnya.

Dia mengaku risau jumlah pasien di Wisma Atlet bertambah. Dari semula 21 pasien menjadi 102 pasien.

Erick menyampaikan pihaknya akan terus berupaya logistik di Wisma Atlet, baik makanan maupun keperluan untuk medis, harus siap.

"Oleh karena itu kami meminta seluruh elemen masyarakat tidak saling menyalahkan, tetapi mulai bergerak masing-masing di wilayahnya yang terkecil. Dengan gotong-royong Insyaallah kita bisa lewati ini semua," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper