Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Antisipasi Corona, Kementerian BUMN Siapkan Sejumlah Strategi

Strategi yang dilakukan Kementerian BUMN melalui perusahaan pelat merah salah satunya meminta penurunan bunga kredit UKM.
Ilman A. Sudarwan
Ilman A. Sudarwan - Bisnis.com 20 Maret 2020  |  14:07 WIB
GEDUNG KEMENTERIAN BUMN Bisnis - Himawan L Nugraha
GEDUNG KEMENTERIAN BUMN Bisnis - Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah, melalui Kementerian BUMN, mengandalkan perusahaan pelat merah untuk mengambil langkah strategis dalam mengurangi dampak ekonomi yang ditimbulkan dari penyebaran virus corona (covid-19).

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan bahwa pemerintah akan mendorong bank-bank pelat merah untuk segera menurunkan suku bunga kredit untuk segmen usaha kecil dan menengah (UKM).

“Kami ingin BUMN segera turunkan suku bunga UKM, karena banyak yang terdampak,” ujarnya lewat konferensi jarak jauh, Jumat (20/3/2020).

Selain itu, Kementerian BUMN juga telah meminta Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk memberikan relaksasi kepada sektor industri terdampak, seperti restoran, penerbangan, dan pariwisata.

Meski tidak dijelaskan secara detail, dia mengatakan bahwa relaksasi perlu diberikan karena sektor-sektor tersebut banyak tercatat sebagai debitur perbankan.

Selain itu, pemerintah juga mendorong sejumlah perusahaan BUMN untuk melakukanvpenggalangan dana untuk mendukung sisi moneter ekonomi dalam negeri.

Sebagai awalan, sejumlah skema tengah dipertimbangkan, di antaranya melalui penerbitan obligasi dan penarikan pinjaman. Hal ini diharapkan dapat mendatangkan devisa ke dalam negeri.

“Obligasi baru diusulkan dan disepakati, kami sepakat memang watunya harus pas, untuk jumlahnya berapa, ini yang akan kami bicarakan. Tetapi, ini pasti khusus perusahaan yang punya rating bagus seperti Bank Mandiri, BRI, Pertamina,” jelasnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kementerian bumn erick thohir Virus Corona
Editor : Annisa Sulistyo Rini
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

Foto

BisnisRegional

To top