Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Sumbangan Jack Ma bagi Dunia untuk Melawan Virus Corona

Jack Ma akan mendonasikan sejumlah perlengkapan untuk melawan virus Corona ke banyak negara. Indonesia, Thailand, Malaysia, Filipina, negara-negara Afrika, Amerika, hingga Eropa adalah beberapa contoh negara yang akan ia berikan donasi.
Andya Dhyaksa
Andya Dhyaksa - Bisnis.com 19 Maret 2020  |  21:19 WIB
Executive Chairman Alibaba Group Jack Ma (kanan) menghadiri acara pemberian medali kejuaraan sepak bola wanita Asian Games 2018 di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang, Sumatra Selatan, Jumat (31/8/2018). - ANTARA/Zabur Karuru
Executive Chairman Alibaba Group Jack Ma (kanan) menghadiri acara pemberian medali kejuaraan sepak bola wanita Asian Games 2018 di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang, Sumatra Selatan, Jumat (31/8/2018). - ANTARA/Zabur Karuru

Bisnis.com, JAKARTA - Virus Corona (Covid-19) adalah masalah dunia. Dia menjelma menjadi momok bagi masyarkat di belahan kolong langit mana pun. Untuk itu, dalam menghadapinya, masyarakat dunia bersatu padu. Tak terkecuali dengan Jack Ma, orang terkaya nomor 21 dunia versi Forbes.

Lewat yayasannya, Jack Ma Foundation, serta yayasan perusahaannya, Alibaba Foundation, Jack menyalurkan bantuannya ke sejumlah negara. Teranyar, Pria berharta US$37, 3 miliar tersebut mengumumkan bantuannya ke empat negara di Asia Tenggara berupa perlengkapan medis.

Baik Jack Ma Foundation dan Alibaba Foundation, telah menghubungi pemerintah di Indonesia, Malaysia, Filipina dan Thailand untuk mengajukan donasi perlengkapan medis yang bertujuan untuk mendukung upaya penanganan virus Corona di keempat negara tersebut. Donasi ke negara-negara lain di Asia akan dilakukan seiring dengan upaya bersama mengatasi virus tersebut.

“Kami bergandengan tangan dengan negara tetangga kami di Asia untuk bersama-sama menghadapi COVID-19,” ujar Jack Ma, mengumumkan donasi ke empat negara tersebut, Kamis (19/3/2020).

“Bersama dengan Alibaba Foundation, kami akan mengirimkan 2 juta masker, 150.000 test kit, 20.000 baju pelindung, dan 20.000 pelindung wajah ke Indonesia, Malaysia, Filipina, dan Thailand. Selanjutnya, akan diikuti dengan bantuan untuk negara-negara Asia lainnya. Go Asia!”

Donasi ini diumumkan setelah kemarin (Rabu, 19/3) Jack Ma Foundation dan Alibaba Foundation merilis pedoman digital bagi para tenaga medis dan fasilitas kesehatan.

Pedoman ini memuat pelajaran dan pengalaman penting dari para dokter, tenaga medis dan staf Rumah Sakit Rujukan Utama Fakultas Kedokteran Universitas Zhejiang yang berada di garda terdepan penanganan virus Corona dan berperan penting dalam mengurangi penyebarannya di Tiongkok.

Sebelum memberi sumbangan ke empat negara di Asia Tenggara, Jack telah mendonasikan sejumlah perlengkapan medis ke negara-negara Afrika. Menurut laporan CNN, Jack mendonasikan 1,1 juta test kit, enam juta masker, dan 60.000 jas pelindung ke semua negara di Afrika yang terpapar virus Corona.

Donasi itu disalurkan Addis Ababa, Etiopia. "Dunia tidak mampu menanggung konsekuensi tak terduga dari pandemi COVID-19 di Afrika," katanya lewat akun Twitter-nya Senin (16/3).

Pada Jumat pekan lalu, Jack juga mengatakan bahwa ia akan mendonasikan 500.000 test kit untuk virus Corona dan satu juta masker wajah ke Amerika Serikat. Dia juga rencananya akan berbagi ke Eropa serta Iran.

"Sekarang kita semua seperti hidup di hutan yang terbakar. Sebagai anggota komunitas global, kita tidak bertanggung jawab untuk duduk di bersama. Kita perlu mengambil tindakan sekarang," kata Jack.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona jack ma covid-19
Editor : Andya Dhyaksa
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

Foto

BisnisRegional

To top