Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Masjid Agung Jateng Tetap Gelar Jumatan, Khotbah 10 Menit, Bacaan Ayat-Ayat Pendek

Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) di Jalan Gajah Raya Semarang memastikan tetap akan menggelar Salat Jumat, pada hari Jumat 20 Maret 2020. Namun pelaksanaannya besok akan dilakukan berbeda seperti biasanya.
Masjid Agung Jawa Tengah/simas.kemenag.go.id
Masjid Agung Jawa Tengah/simas.kemenag.go.id

Bisnis.com, SEMARANG - Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) di Jalan Gajah Raya Semarang memastikan tetap akan menggelar Salat Jumat, pada hari Jumat 20 Maret 2020. Namun pelaksanaannya besok akan dilakukan berbeda seperti biasanya.

“Jumat besuk (20/3/2020), Masjid Agung Jawa Tengah akan tetap menggelar sholat Jumat seperti biasa. Tapi memang akan dilaksanakan berbeda seperti biasanya. Meski berbeda, tetap sesuai aturan fiqih yang ada. Bedanya yakni akan dipersingkat,” kata Ketua Pelaksana Pengelola (PP) MAJT Noor Achmad melalui keterangan tertulis yang diterima Bisnis Kamis (19/3/2020).

Noor Achmad mengatakan, yang membedakan pelaksanan sholat Jumat besuk yakni, khotbah akan dipersingkat, maksimal 10 menit untuk dua khotbah. Biasanya antara 20 hingga 30 menit.

Kemudian surat atau ayat dibaca setelah pembacaan surat Alfatihah saat shalat jumat juga surat pendek, kemudian membaca qunut nazilah di rekaat kedua. Usai shalat dilakukan istighatsah sebentar sekitar maks 5 menit. “Setelah itu jamaah langsung pulang dan tidak usah bersalam-salaman,” tambahnya.

Disisi lain, dia menghimbau kepada jamaah agar sebelum masuk ke dalam masjid badan dalam kondisi badan bersih, dengan melaksanakan mandi sunnah. Sebelum berwudhu juga mencuci tangan dan kaki dengan sabun. Di lokasi tempat wudhu dan toliet MAJT sudah disediakan sabun. Selanjutnya melakukan wudhu yang sempurna dan masuk masjid.

“Untuk shof (barisan sholat) akan dibuat berbeda. Jarak jamaah satu dengan yang ada di sampingnya akan dijarangkan sedikit. Badan antara jamaah tidak nempel,” paparnya.

Apakah jamaah akan diperiksa suhu badannya? Noor Achmad menyatakan, hal ini sedang diusahakan. “Kami sedang koordinasi dengan rumah sakit dan dinas kesehatan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper