Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Update Virus Corona: 9 Pasien Virus Corona Sembuh

Jumlah pasien yang sembuh dari virus corona (Covid-19) bertambah menjadi 9 orang.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 17 Maret 2020  |  16:28 WIB
Juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona atau COVID-19 Achmad Yurianto memberi keterangan update kasus corona di Indonesia, Istana Presiden, Selasa (10/3/2020). JIBI - Bisnis / M Khadafi
Juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona atau COVID-19 Achmad Yurianto memberi keterangan update kasus corona di Indonesia, Istana Presiden, Selasa (10/3/2020). JIBI - Bisnis / M Khadafi

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah mencatatkan jumlah pasien positif virus corona (Covid-19) yang telah sembuh bertambah, menjadi 9 orang.

Terkini, pemerintah mencatatkan sebanyak 172 orang positif terpapar virus corona. Berdasarkan data yag dikeluarkan per Selasa (17/3/2020), terdapat tambahan 38 pasien baru yang terpapar virus Corona. Kini total pasien positif terinfeksi virus Corona adalah 172 orang, setelah pada Senin (16/3/2020) "baru" berjumlah 134.

Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19 Achmad Yurianto mengatakan penambahan itu berasal dari spesimen yang telah diperiksa oleh Puslitbangkes Kementerian Kesehatan dan sejumlah lembaga penelitian.

Dari jumlah tersebut dikatakan bahwa penambahan kasus berasal dari Provinsi DKI Jakarta, Jawa Timur, Jawa Tengah dan Provinsi Kepulauan Riau.

“Secara umum yang dirawat sudah membaik dan beberapa pasien yang dilaporkan di awal sudah 9 orang dinyatakan sembuh dan bisa pulang,” katanya di Graha BNPB, Jakarta, Selasa (17/3/2020).

Yuri menyebut beberapa pasien lainnya sudah sudah menunggu hasil tes kedua. Apabila pada uji kedua pasien dinyatakan negatif, maka akan diperbolehkan pulang dalam dua hari mendatang.

Pemerintah menyebut hingga kini sekitar 109 rumah sakit milik TNI, 53 rumah sakit Polri, 65 rumah sakit BUMN dan sejumlah rumah sakit swasta telah menerima pasien Covid-19.

“Beberapa rumah sakit swasta berpartisipasi dalam penanganan pasien Corona seperti rumah sakit Pertamina Jaya yang mendedikasikan seluruh tempat tidur untuk pasien Covid-19. Demikian juga rumah sakit lainnya,” katanya.

Yuri menambahkan dari total 172, kasus terbanyak ditemukan di DKI Jakarta. Dia memaklumi kondisi ini lantaran Ibu Kota RI menjadi pintu gerbang masuk bagi banyak orang.

“Kemudian mobilitas penduduk sangat tinggi dan kemungkinan terjadi kontak yang kita dapat cukup besar. Ini bentuk tracing yang dilakukan jajaran Dinkes DKI dibantu kepolisian dan rumah sakit setempat,” ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona
Editor : Novita Sari Simamora
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

Foto

BisnisRegional

To top